Studi kasus academic self concept siswa sekolah menengah kejuruan berdasarkan fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) and Little Fish Big Pond Effect (LFBPE) dalam penerapan metode tutor teman sebaya / Yukaristia - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi kasus academic self concept siswa sekolah menengah kejuruan berdasarkan fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) and Little Fish Big Pond Effect (LFBPE) dalam penerapan metode tutor teman sebaya / Yukaristia

Yukaristia (2019) Studi kasus academic self concept siswa sekolah menengah kejuruan berdasarkan fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) and Little Fish Big Pond Effect (LFBPE) dalam penerapan metode tutor teman sebaya / Yukaristia. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Yukaristia 2019. Studi Kasus Academic Self Concept Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Berdasarkan Fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) and Little Fish Big Pond Effect (LFBPE) dalam Penerapan Metode Tutor Teman Sebaya. Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. Endang Sri Andayani S.E. M.Si. Ak Kata Kunci Academic Self Concept BFLPE LFBPE Metode Tutor Teman Sebaya Metode tutor teman sebaya diterapkan oleh guru guna memfasilitasi siswa big fish dan siswa little fish. Siswa big fish merupakan siswa yang mempunyai kemampuan relatif tinggi sedangkan siswa little fish merupakan siswa yang mempunyai kemampuan relatif rendah. Siswa big fish akan menjadi tutor bagi siswa little fish. Hal tersebut juga berkaitan dengan pembentukan konsep diri akademik berdasarkan fenomena Big Fish Little Pond Effect (BFLPE) dan Little Fish Big Pond Effect (LFBPE). Academic Self Concept (konsep diri akademik) merupakan cara pandang atau konsepsi siswa tentang segala sesuatu yang berhubungan dengan bidang akademik dalam dirinya berdasarkan pengalaman belajar dan interpretasinya terhadap lingkungan belajarnya. Fenomena BFLPE pada metode tutor teman sebaya dapat membentuk konsep diri akademik positif pada siswa big fish (tutor) karena interaksi mereka dengan lingkungan belajarnya yang membuat mereka memiliki pengaruh akademik lebih tinggi bagi teman-temannya. Fenomena LFBPE pada metode tutor teman sebaya dapat membentuk konsep diri akademik yang positif pada siswa little fish (tutee) karena siswa-siswa dengan prestasi dan kemampuan akademik yang relatif rendah jika berada dalam lingkungan siswa-siswa dengan prestasi dan kemampuan akademik yang relatif tinggi justru akan meningkatkan motivasinya untuk berkembang dan mencapai level yang lebih tinggi juga. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Pemilihan informan didasarkan pada kriteria yang sesuai fokus penelitian (purposive). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data mengadopsi teknik analisis data kualitatif Creswell. Pengujian keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan ditemukan bahwa siswa big fish dan little fish memiliki konsep diri akademik yang positif berdasarkan fenomena BFLPE dan LFBPE pada metode tutor teman sebaya. Selain itu juga terdapat beberapa faktor lain seperti pengalaman akademik pencapaian personal emosi usia jenis kelamin status sosial peran orang tua guru dan teman sebaya yang berperan dalam pembentukan konsep diri akademik yang positif pada siswa big fish dan little fish.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126351

Actions (login required)

View Item View Item