Pemahaman mahasiswa tentang perkembangan revolusi industri 4.0 dan implikasinya terhadap sikap belajar / Siti Syafa'atul Ulfah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pemahaman mahasiswa tentang perkembangan revolusi industri 4.0 dan implikasinya terhadap sikap belajar / Siti Syafa'atul Ulfah

Ulfah, Siti Syafa'atul (2019) Pemahaman mahasiswa tentang perkembangan revolusi industri 4.0 dan implikasinya terhadap sikap belajar / Siti Syafa'atul Ulfah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ulfah Siti Syafa atul. 2019. Pemahaman Mahasiswa Tentang Perkembangan Revolusi Industri 4.0 dan Implikasinya Terhadap Sikap Belajar. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Bambang Sugeng S.E. M.A. M.M. Ak. Kata Kunci Pemahaman Mahasiswa Revolusi Industri 4.0 Sikap Belajar Pada saat ini dunia memasuki Revolusi Industri 4.0 yang banyak mengubah tatanan hidup masyarakat. Revolusi Industri 4.0 tidak hanya mempengaruhi teknologi produksi tapi juga berpengaruh di berbagai bidang termasuk bidang pendidikan. Kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi poin penting untuk mendorong suatu negara berevolusi ke generasi industri selanjutnya. Pemahaman mahasiswa mengenai perkembangan revolusi industri 4.0 beserta implikasinya terhadap sikap belajar menjadi acuan untuk dapat menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman mahasiswa mengenai pengertian tantangan dan ancaman revolusi industri 4.0 serta implikasinya terhadap sikap belajar mahasiswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel purposive sample dan snowball sampling. Penelitian ini menggunakan data primer dikumpulkan dari hasil wawancara dan observasi dengan Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Berdasarkan hasil Penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut (1) mahasiswa memaknai Revolusi Industri 4.0 adalah era dimana terjadi perkembangan teknologi yang sangat luas serta terintegrasinya dunia fisik dan dunia digital yang menyebabkan pergeseran perekonomian menjadi berbasis digital. (2) Mahasiswa memahami revolusi industri 4.0 menyebabkan disrupsi dimana teknologi dapat menggeser atau menggantikan pekerjaan manusia sehingga dapat menhapuskan profesi lama dan juga memunculkan profesi baru. (3) Mahasiswa menyadari bahwa era Revolusi Industri 4.0 juga mempengaruhi dunia pendidikan. Untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 diperlukan pendidikan yang dapat membentuk generasi kreatif inovatif serta kompetitif dengan cara mengoptimalisasi penggunaan teknologi sebagai alat bantu pendidikan. (4) Mahasiswa menyebutkan ada beberapa skill atau kompetensi yang harus dimiliki guru atau calon guru di era Revolusi Industri 4.0 skill tersebut yaitu Educational Competence Competence for technological commercialization Competence in Globalization Competence in future strategies dan Conselour Competenc. (5) Mahasiswa menyadari bahwa revolusi industry 4.0 mempengaruhi sikap belajar mahasiswa. Disrupsi dapat mempengaruhi pola pikir cara belajar dan cara bertindak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126348

Actions (login required)

View Item View Item