Putra, Ekki Septian (2019) Kesiapan menjadi guru era revolusi industri 4.0 di Jurusan Akuntansi ditinjau dari persepsi tentang profesi guru, locus of control, pengalaman KPL, dan lingkungan sosial sebagai variabel moderasi / Ekki Septian Putra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Putra Ekki Septian. 2019. Kesiapan menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0 di Jurusan Akuntansi Ditinjau dari Persepsi tentang Profesi Guru Locus of Control Pengalaman KPL dan Lingkungan Sosial sebagai Variabel Moderasi. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd M.M Kata Kunci Kesiapan Mahasiswa menjadi Guru Era Revolusi Industri 4.0 Persepsi tentang Profesi Guru Locus of Control Pengalaman KPL Lingkungan Sosial Kesiapan menjadi guru dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor diantaranya adalah keterlibatan secara langsung mahasiswa dalam mempersiapkan diri menjadi guru. Era revolusi industri yang berkembang dengan cepat membuat keterlibatan mahasiswa secara aktif dalam pendidikannya sangat diperlukan kesiapan menjadi guru dalam penelitian ini ditinjau dari persepsi tentang profesi guru locus of control pengalaman KPL dan lingkungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan adanya pengaruh positif signifikan antara persepsi tentang profesi guru locus of control pengalaman KPL dan lingkungan sosial terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0. Selain itu penelitian ini juga menjelaskan bahwa variabel lingkungan sosial memperkuat pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 memperkuat pengaruh locus of control terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 dan memperkuat pengaruh pengalaman KPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Subjek yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 Pendidikan Akuntansi angakatan 2015 dengan jumlah sampel sebanyak 103 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik Proportional random sampling. Data diolah menggunakan aplikasi SPSS 23. Uji yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji validitas uji reabilitas uji asumsi klasik dan uji MRA. Hasil analisis data dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menunjukkan bahwa 1) persepsi tentang profesi guru berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 38 5% 2) locus of control berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiwa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 28 9% 3) Pengalaman KPL berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 47 6% 4) lingkungan sosial memperkuat pengaruh persepsi tentang profesi guru terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 49 2% 5) lingkungan sosial memperkuat pengaruh locus of control terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 46 7% 6) lingkungan sosial memperkuat pengaruh pengalaman KPL terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 53 7% 7) lingkungan sosial berpengaruh positif signifikan terhadap kesiapan mahasiswa menjadi guru era revolusi industri 4.0 sebesar 35 5%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126338 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |