Perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi ditinjau dari teori lima faktor / Putri Velmi Miranda Hidayat - Repositori Universitas Negeri Malang

Perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi ditinjau dari teori lima faktor / Putri Velmi Miranda Hidayat

Hidayat, Putri Velmi Miranda (2019) Perilaku kecurangan akademik pada mahasiswa Pendidikan Akuntansi ditinjau dari teori lima faktor / Putri Velmi Miranda Hidayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hidayat Putri. 2019. Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Ditinjau Dari Teori Lima Faktor. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Sriyani Mentari S.Pd M. M. Kata Kunci ekstraversi keramahan kesadaran keterbukaan neurotisme perilaku kecurangan akademik. Kecurangan akademik yang terjadi di lingkungan perguruan tinggi semakin meningkat dari tahun ketahun. Kecurangan akademik aka nmemberikan dampak negatif bagi mahasiswa baik secara moral psikologis dan sosial. Salah satu faktor yang mendorong perilaku kecurangan akademi kadalah faktor kepribadian. Oleh sebab itu dibutuhkan pemahaman dan gambaran pengaruh dari lima kepribadian terhadap kecurangan akademik dengan harapan agar mahasiswa dapat menghadapi kesulitan belajar yang berasal dari dalam pribadinya sehingga dapat meminimalisir terjadinya kecurangan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepribadian neurotisme (X1) ekstraversi (X2) keterbukaan (X3) keramahan (X4) dan kesadaran (X5) terhadap kecurangan akademik pada mahasiswa pendidikan akuntansi Universitas Negeri Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi S1 Pendidikan Akuntansi angkatan 2016. Teknik sampling yang digunakan adalah Proportionate Random Sampling yaitu pengambilan anggota sampel secara acak sesuai dengan proporsinya. Uji Analisis Data yang dinakan adalah uji validitas uji reliabilitas uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil analisis data dengan uji regresi berganda menunjukkan bahwa 1)kepribadian neurotisme berpengaruh positif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pendidikan akuntansi sebesar 47 6% 2) kepribadian ekstraversi tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pendidikan akuntansi 3) kepribadian keterbukaan tidak berpengaruh terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa pendidikan akuntansi 4) kepribadian keramahan berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa sebesar 95 2% dan 5) kepribadian kesadaran berpengaruh negatif signifikan terhadap perilaku kecurangan akademik mahasiswa sebesar 77 9%. Hasilpenelitian ini disimpulkanbahwakepribadian neurotisme yang berpotensi mendorong terjadinya kecurangan akademik sedangkan kepribadian keramahan dan kesadaran merupakan faktor negatif yang dapat mengurangi perilaku kecurangan akademik. Adapun kepribadian ekstraversi dan keterbukaan bukan merupakan faktor dari kecurangan akademik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126328

Actions (login required)

View Item View Item