Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Iin Winarti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Iin Winarti

Winarti, Iin (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran akuntansi berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi dasar untuk kelas X Akuntansi di SMK PGRI 2 Malang / Iin Winarti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Winarti Iin. 2019. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Akuntansi Berbasis Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Akuntansi Dasar Untuk Kelas X Akuntansi Di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Suparti M.P. Kata Kunci Perangkat Pembelajaran Problem Based Learning Perangkat Pembelajaran merupakan salah satu alternatif yang tepat dan perlu dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan belajar siswa dalam proses pembelajaran. Salah satu faktor yang mempengaruhi belajar yaitu dengan tersedianya alat-alat dan metode mengajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa. Proses pembelajaran yang efektif didukung dengan adanya pengelolaan kelas yang baik yakni adanya perangkat pembelajaran sebelum proses pembelajaran dimulai. Di SMK PGRI 2 Malang menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran belum mencerminkan kebutuhan siswa dilihat dari penggunaan pendekatan pembelajaran yang masih berpusat pada guru siswa tidak memiliki bahan ajar sebagai referensi dalam pembelajaran siswa hanya berpedoman pada catatan materi yang telah disampaikan oleh guru. Selain itu media pembelajaran yang digunakan oleh guru hanya papan tulis dan terkadang menggunakan media pembelajaran powerpoint yang masih bersifat full text dan kurang menarik siswa saat pembelajaran. Penelitian ini adalah jenis penelitian dan pengembangan. Prosedur pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan Borg Gall (2003) yang dimodifikasi menjadi 7 tahapan yaitu 1) Pengumpulan Informasi 2) Perencanaan 3) Pengembangan dan Penyusunan Produk 4) Uji Validasi Ahli 5) Revisi Produk 6) Uji Coba Produk 7) Revisi Produk Secara Operasional. Jenis data pada penelitian ini menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif berupa hasil validasi dianalisis menggunakan analisis deskriptif presentase. Data kualitatif berupa saran dan komentar dari validator digunakan sebagai pertimbangan dalam melakukan revisi terhadap media yang dikembangkan. Berdasarkan data dari hasil validasi yang diperoleh diantaranya ahli pendidikan ahli materi ahli media dan pengguna memperoleh kriteria validitas sangat layak. Berdasarkan hasil pre-test dan post-test siswa kelas X Akuntansi pada uji coba lapangan menunjukkan Asym. Sig sebesar 0 000 yang berarti tingkat signifikansi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126327

Actions (login required)

View Item View Item