Pengembangan e-LKS berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Asnia Kartika Sari Damin - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan e-LKS berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Asnia Kartika Sari Damin

Damin, Asnia Kartika Sari (2019) Pengembangan e-LKS berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi perusahaan jasa / Asnia Kartika Sari Damin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kartika Asnia.2019. Pengembangan E-LKS Berbasis Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Jasa. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dudung Ma ruf S.Pd. M.Pd. Kata Kunci LKS Elektronik Problem Based Learning Akuntansi perusahaan jasa ADDIE Perkembangan teknologi yang pesat mempengaruhi semua aspek kehidupan manusia tak terkecuali aspek pendidikan. Perkembangan teknologi dibidang pendidikan ditandai dengan berubahnya sistem ujian dari yang semula paper based menjadi computer based test. Pesatnya perkembangan teknologi juga mempengaruhi karakteristik siswa dari yang semula hanya mendapat informasi melalui media cetak (buku) sekarang siswa juga bisa mencari informasi melalui media elektronik. Guru sebagai fasilitator tentunya harus mengikuti perkembangan zaman dan teknologi agar dapat menarik perhatian siswa dalam proses belajar mengajar. Berdasarkan hal tersebut penulis termotivasi mengembangkan lks elektronik (e-lks) berbasis problem based learning pada mata pelajaran akuntansi. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R D) yang diadaptasi dari model pengembangan ADDIE. Tahapannya ada 5 tahap yaitu 1) Analysis (Analisis) 2) Design (Perancangan) 3) Development (Pengembangan) 4) Implementation (Implementasi) dan 5) Evaluation (Evaluasi) namun hanya dilaksanakan hingga tahap keempat yaitu Implementasi. Validasi dilakukan oleh ahli materi ahli media dan uji coba terbatas ke siswa akuntansi. E-LKS yang dikembangkan diujicobakan kepada 19 siswa kelas XI Akuntansi di SMK Muhammadiyah 1 Taman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kelayakan E-LKS berbasis PBL sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian 1) Ahli materi diperoleh total skor 78 dengan persentase 97 5% sehingga termasuk kategori Sangat Layak 2) Ahli media diperoleh total skor 76 dengan persentase 95% sehingga termasuk kategori Sangat Layak dan 3) Penilaian uji pengguna terbatas kepada 19 siswa mendapat total nilai 1813 dengan persentase 88 35% sehingga termasuk kategori Sangat Layak . Dapat disimpulkan E-LKS berbasis PBL ini sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran materi akuntansi perusahaan jasa. E-LKS berbasis PBL ini bisa digunakan sebagai penunjang bagi siswa dalam mempelajari akuntansi perusahaan jasa. Saran yang diajukan oleh peneliti adalah agar media pembelajaran cakupan materinya ditambah agar lebih lengkap dan versi media pembelajaran perlu diupgrade keversi berbayar agar tidak ada tanda yang mengganggu dan menutupi soal latihan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126324

Actions (login required)

View Item View Item