Studi tentang cara dan latar belakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya di SMPN Kabupaten Tulungagung / Siti Kholifatul Umaami - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang cara dan latar belakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya di SMPN Kabupaten Tulungagung / Siti Kholifatul Umaami

Umaami, Siti Kholifatul (2012) Studi tentang cara dan latar belakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni budaya di SMPN Kabupaten Tulungagung / Siti Kholifatul Umaami. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci cara guru pembelajaran seni latarbelakang pendidikan Mata pelajaran seni budaya sangat menyenangkan dan merupakan penyeimbang siswa dalam menjalani kegiatan sehari hari untuk belajar disinilah juga tempat atau wadah untuk setiap siswa mengekspresikan diri sesuai kemauan dirinya dalam bidang seni. Pendidikan Seni Budaya diberikan di sekolah karena satu untuk mencapai tujuan pengajaran dan kedua untuk memberi kesempatan berekspreai kepada siswa. Namun guru yang menyampaikan materi di sekolah memiliki latarbelakang pendidikan bervariatif sehingga hasil pembelajaran yang ingin dicapai belum maksimal. Untuk itu bagaimana cara dan latarbelakang pendidikan guru dalam melaksanakan pembelajaran seni di SMPN Kabupaten Tulungagung. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup latarbelakang pendidikan semua guru pengajar seni budaya di SMPN dan cara guru tersebut melaksanakan pembelajaran seni budaya. Penelitian ini menggunakan rancangan kuantitatif deskriptif karena dapat digunakan untuk mendeskripsikan mencatat menganalisis serta menginterpretasikan data dan latarbelakang pendidikan guru variabel melaksanakan pembelajaran. Alat pengumpul data yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini adalah angket latarbelakang pendidikan guru variabel melaksanakan pembelajaran. Analisis data melalui pengecekan sajian data penyeleksian dan verifikasi data. Dari penelitian ini dapat ditarik simpulan sebagai berikut pertama di Kabupaten Tulungagung tidak semua guru yang mengajar seni dari disiplin ilmu seni hanya 54 3% pengajar seni budaya yang berasal dari disiplin ilmu seni sedangkan yang memiliki latar belakang pendidikan selain seni sebanyak 45 7 % yakni guru dari disiplin ilmu IPA IPS dan BAHASA. Kedua tahapan guru melaksanakan pembelajaran seni materi apresiasi mulai membuka pembelajaran mayoritas guru hanya mengkondisikan siswa yaitu 94% dari 35 sampel tahap melaksanakan pembelajarannya 100% guru menunjukkan karya seni untuk menjelaskan cara mengapresiasi karya serta 71% yang menginstruksikan unsur apa saja saat guru menjelaskan sebelum siswa mengapresiasi dan menutup pelajaran apresiasi yakni 80% guru menyuruh siswa mengumpulkan tugasnya saat siswa telah menyelesaikan tugasnya. Sedangkan dalam tahapan membuka pelajaran ekspresi 91% guru mengkondisikan siswa saat membuka pelajaran. Pelaksanaan materi ekspresi 54% guru berkeliling dan memberikan petunjuk pada siswa dan 51% guru menyuruh siswa menggunakan alat seadanya saat siswa tidak membawa kelengkapan berkarya. Tahap penutup yakni 91% guru memberikan kesimpulan dan 51% guru memberikan penilaian dengan membandingkan hasil karya siswa dengan siswa yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 22 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12631

Actions (login required)

View Item View Item