Widayat, Agustina Niken (2020) Pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi dasar melalui motivasi belajar siswa sebagai variabel intervening / Agustina Niken Widayat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Widayat Agustina Niken. 2020. Pengaruh Persepsi Siswa tentang Profesionalitas dan Metode Mengajar Guru terhadap Hasil Belajar Akuntansi Dasar melalui Motivasi Belajar Siswa Sebagai Variabel Intervening. Skripsi Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Sunaryanto M.Ed. Kata Kunci persepsi siswa profesionalitas guru metode mengajar guru hasil belajar motivasi belajar variabel intervening Pendidikan yang berkhualitas ditentukan dengan hasil belajar sebagai tolok ukur keberhasilannya. Tinggi rendahnya hasil belajar ditentukan oleh dua faktor utama yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Kedua faktor tersebut saling berkaitan dalam penelitian ini faktor internal berupa persepsi dan motivasi. Faktor internal dapat meningkat apabila dipicu oleh faktor eksternal yaitu guru. Guru kaitannya dalam proses pembelajaran dapat ditinjau dari profesionalitas yang dimilikinya. Profesionalitas merupakan kualitas sikap yang harus dimiliki guru dalam hal pengetahuan dan keahlian untuk melakukan tugas kependidikan dengan menerapkan kompetensi-kompetensi yang dipersyaratkan. Kompetensi-kompetensi tersebut meliputi kompetensi kepribadian pedagogik profesional dan sosial. Selain profesionalitas guru metode mengajar yang diterapkan guru juga memiliki andil yang besar dalam proses keberhasilan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh persepsi siswa tentang profesionalitas dan metode mengajar guru terhadap hasil belajar akuntansi melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif eksplanasi (explanatory). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X jurusan Akuntansi di SMK Negeri 12 Malang yang berjumlah 136 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dan diperoleh sampel sebanyak 101 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis jalur (path analysis) Hasil penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh positif dan signifikan antara (1) persepsi siswa tentang profesionalitas guru terhadap motivasi belajar siswa (2) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap motivasi belajar siswa (3) motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar (4) persepsi siswa tentang profesionalitas guru terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar (5) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar (6) persepsi siswa tentang profesionalitas guru melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar serta (7) persepsi siswa tentang metode mengajar guru terhadap hasil belajar Akuntansi Dasar melalui motivasi belajar sebagai variabel intervening.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Pendidikan Akuntansi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Jan 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126301 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |