Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Malang) / Wilda Septian Aditya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Malang) / Wilda Septian Aditya

Aditya, Wilda Septian (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X Program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Malang) / Wilda Septian Aditya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Aditya Wilda Septiyan. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada kelas X program Keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief Msi. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran Lectora Inspire hasil belajar Era globalisasi merupakan era dimana perkembangan dan kemajuan jaman secara menyeluruh menghasilkan kemajuan teknologi yang semakin maju. Secara tidak langsung perkembangan teknologi memang sangat berpengaruh terhadap berbagai bidang termasuk salah satunya dalam bidang pendidikan. Teknologi dapat dimanfaatkan dalam untuk membuat dan menerapkan media dalam konteks pembelajaran. Media diperlukan sebagai penyampai konsep dengan tujuan efisiensi dan efektifitas dalam penyampaian serta pemahaman konsep bagi guru dan peserta didik. Lectora Inspire merupakan software yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran interaktif menunjang pemahaman peserta didik dan dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah (1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Lectora Inspire yang layak dan efektif digunakan untuk peserta didik (2) Mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik menggunakan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire pada Mata Pelajaran Simulasi Digital dengan KD Menganalisis Fitur Perangkat Lunak Pembelajaran Kolaboratif Daring pada kelas X progam studi OTKP di SMK Negeri 1 Malang. Model penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan (R D) menurut Borg and Gall (1983 775) yang telah dimodifikasi oleh peneliti diadaptasi dengan kebutuhan penelitian diantaranya adalah (1) Penelitian dan Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Pengembangan Draft Produk (4) Uji Coba Produk (5)Merevisi Hasil Uji Coba (6) Uji Coba Lapangan. Instrumen pengumpulan data diperoleh dari wawancara angket dan tes. Subjek dari penelitian ini yaitu X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian dan pengembangan ini berupa media pembelajaran berbasis lectora inspire pada mata pelajaran simulasi digital dengan KD 3.11 menganalisis fitur perangkat lunak pembelajaran kolaboratif daring yang disimpan dalam format .exe didalam Compact Disk (CD). Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh persentase 94.4% dan hasil validasi oleh ahli media diperoleh persentase 92 5%. Dari hasil validasi oleh kedua validator tersebut menyatakan media pembelajaran berbasis lectora inspire valid efektif dan dapat dipergunakan tanpa revisi Hasil belajar peserta didik pada uji coba lapangan pada kelas X OTKP 2 sebagai kelas kontrol mendapatkan nilai rata-rata 81.57 lebih rendah daripada kelas X OTKP 3 sebagai kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 83 44. Jadi penggunaan media pembelajaran berbasis lectora inspire ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Beberapa hal untuk memaksimalkan pemanfaatan media pembelajaran berbasis Lectora Inspire adalah a) mempersiapkan dengan baik dan memahami materi untuk kelancaran dalam proses pembelajaran b) harus mengerti beberapa urutan animasi di dalam media supaya tidak sampai salah dalam penyampaian c) lebih peka terhadap permasalahan yang terdapat dalam kelas dan berusaha untuk mencari solusi dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126287

Actions (login required)

View Item View Item