Pengembangan media pembelajaran apresiasi karya seni kriya mata pelajaran seni budaya berbasis multimedia interaktif di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran apresiasi karya seni kriya mata pelajaran seni budaya berbasis multimedia interaktif di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan

Darmawan, Cahyo Wahyu (2012) Pengembangan media pembelajaran apresiasi karya seni kriya mata pelajaran seni budaya berbasis multimedia interaktif di SMA / Cahyo Wahyu Darmawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci media pembelajaran multimedia interaktif animasi apresiasi karya seni kriya. Materi Apresiasi karya seni kriya merupakan kajian seni budaya yang mengkaji tentang pengertian seni kriya teknik bahan dan jenis-jenis seni kriya di Nusantara sehingga dalam penjelasannya tidak cukup hanya dengan cara lisan saja. Kondisi ini menyebabkan kesulitan siswa dalam memahami materi khususnya jenis-jenis seni kriya seperti seni kerajinan kulit seni kerajinan logam seni kerajinan ukir seni kerajinan anyam seni kerajinan keramik dan seni kerajinan batik . Hal tersebut disebabkan guru kesulitan untuk menunjukkan secara langsung jenis-jenis tersebut di dalam kelas. Oleh karena itu dibutuhkan suatu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan memanfaatkan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah pengembangan media pembelajaran yang dapat menunjukkan apresiasi karya seni kriya yang dapat membantu siswa memahami materi tersebut. Pengembangan ini menghasilkan media pembelajaran berupa multimedia interaktif yang dapat menggabungkan antara teks gambar video dan animasi sehingga apresiasi karya seni kriya dapat dipresentasikan. Rancangan penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang bersifat deskriptif yang terdiri dari kegiatan identifikasi kompetensi dasar dan indikator analisis bahan ajar desain media produksi editing prototipe media validasi produk uji coba produk dan produk akhir. Data penelitian bersifat kualitatif dan diperoleh dari uji validasi produk dari ahli media dan ahli materi serta data hasil uji coba produk di sekolah. Data tersebut dianalisis dengan teknik deskriptif kualitatif persentase. Hasil uji validasi diketahui bahwa media ini valid . Hasil uji coba produk diperoleh nilai 87% dengan kriteria layak . Berdasarkan hasil uji validasi dan uji coba tersebut disimpulkan bahwa produk valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di sekolah. Bertitik tolak dari penelitian ini beberapa saran yang diperkirakan dapat meningkatkan manfaat dan pengembangan produk yang akan datang diajukan adalah (1) guru hendaknya menggunakan media ini dalam pembelajaran di kelas khususnya untuk materi apresiasi karya seni kriya (2) penggunaan LCD Proyektor untuk memperoleh tampilan yang lebih besar sehingga memudahkan siswa untuk mengamati tayangan media (3) agar produk digunakan secara luas guru pengajar mata pelajaran seni budaya baik tingkat SMP maupun SMA.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12628

Actions (login required)

View Item View Item