Hasanah, Dewi 'Aysi Karomatul (2019) Penerapan model pembelajaran SAVI (Somatic, Auditory, Visualization, Intellectually) pada mata pelajaran korespondensi untuk meningkatkan keterampilan menulis surat dan hasil belajar peserta didik (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negri 1 Pamekasan) / Dewi 'Aysi Karomatul Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hasanah D.A.K. 2019. Penerapan Model Pembelajaran SAVI (Somatic Auditory Visualization Intellectualy) pada Mata Pelajaran Korespondensi untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Pamekasan. Skripsi. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan M.Si GradDipMgt. M.Bus. Kata Kunci Model Pembelajaran SAVI Keterampilan Hasil Belajar. Berdasarkan hasil wawancara dengan Guru Mata Pelajaran Korespondensi dan observasi yang dilakukan peneliti ditemukan bahwa kegiatan pembelajaran membosankan dan penerapan model pembelajaran yang kurang tepat untuk diterapkan kepada peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Pamekasan mengenai materi korespondensi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Penerapan model pembelajaran SAVI (2) Peningkatan keterampilan menulis surat peserta didik pada penerapan model pembelajaran SAVI (3) Peningkatan hasil belajar peserta didik pada penerapan model pembelajaran SAVI dan (4) Hambatan dan solusi pada penerapan model pembelajaran SAVI. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan obyek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Pamekasan. Pengumpulan data melalui (1) Wawancara (2) Observasi (3) Tes Tertulis (4) Catatan Lapangan dan (5) Dokumentasi. Analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dan mencakup 4 tahapan utama yaitu (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Pengamatan dan (4) Refleksi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat terlaksana dengan baik (2) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan keterampilan menulis surat peserta didik. Dimana diperoleh hasil belajar psikomotorik peserta didik menunjukkan rata-rata sebesar 83 29 pada siklus I dan meningkat sebanyak 13 77 sehingga rata-rata pada siklus II menunjukkan angka 97 03. Selain itu ketuntasan belajar klasikal pada siklus I menunjukkan angka 75% dan pada siklus II juga meningkat menjadi 93 75 % (3) Penerapan model pembelajaran SAVI dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil belajar kognitif peserta didik menunjukkan rata-rata sebesar 89 77 pada siklus I dan meningkat sebanyak 0 06 sehingga rata-rata pada siklus II menunjukkan angka 89 83. Selain itu ketuntasan belajar klasikal pada siklus I menunjukkan angka 83 33% dan pada siklus II juga meningkat menjadi 100 % dan (4) Penerapan model pembelajaran SAVI mengalami beberapa hambatan namun hambatan tersebut tidak mengganggu jalannya kegiatan pembelajaran Saran dari peneliti bagi peserta didik yaitu agar mengikuti kegiatan pembelajaran dengan baik bagi guru yaitu agar dapat menerapkan model pembelajaran SAVI dan bagi peneliti selanjutnya agar dapat dapat menerapkan model pembelajaran SAVI pada mata pelajaran lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Jul 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126279 |
Actions (login required)
View Item |