Pengembangan modul berbasis learning cycle 5E pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Hanidan Hoirunnisa

Hoirunnisa, Hanidan (2019) Pengembangan modul berbasis learning cycle 5E pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi) / Hanidan Hoirunnisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hoirunnisa, Hanidan. 2019. Pengembangan Modul Berbasis Learning Cycle 5E Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Kelas X OTKP SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief, M.Si. Kata Kunci: pengembangan, modul, Learning Cycle 5E, kearsipan Proses pembelajaran yang baik adalah ketika tujuan pembelajaran tercapai dan dapat meningkatkan hasil belajar dengan efektif. Suatu proses pembelajaran terdapat salah satu faktor pokok yang sangat penting yaitu bahan ajar berupa modul. Jika proses kegiatan pembelajaran didalam kelas menggunakan modul sebagai bahan ajar maka pembelajaran akan efektif karena peserta didik akan lebih aktif menggali pengetahuannya sedangkan guru berperan selaku fasilitator dalam proses kegiatan pembelajaran. Selain itu, bahan ajar berupa modul yang baik akan dapat membangkitkan motivasi, minat, serta pemahaman dan pengetahuan peserta didik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk menghasilkan Modul berbasis Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Kearsipan, menguji kelayakan Modul berbasis Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Kearsipan, serta meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Penelitian dan pengembangan modul berbasis Learning Cycle 5E ini mengacu pada model 4D. Model pengembangan produk dengan model ini paling sesuai dalam menghasilkan modul pembelajaran. Model penelitian dan pengembangan ini dipilih oleh peneliti karena model ini tersusun secara sistematis dengan urutan yang berkaitan dengan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Model penelitian dan pengembangan ini terdiri dari 4 tahap atau disebut 4D, yaitu tahap Pendefinisian (Define), tahap Perancangan (Design), tahap Pengembangan (Develop), dan tahap Penyebarluasan (Disseminate). Berdasarkan penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan menghasilkan produk berupa modul berbasis Learning Cycle 5E pada mata pelajaran Kearsipan kelas X di SMK Muhammadiyah 7 Gondanglegi. Produk yang dikembangkan memperoleh kriteria sangat valid untuk digunakan menurut hasil dari uji validasi ahli modul dan ahli materi. Selain itu, hasil uji coba menunjukan bahwa modul layak serta dapat menarik perhatian dan keingintahuan peserta didik dalam mempelajari isi dari modul. Sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa modul berbasis Learning Cycle 5E untuk mata pelajaran Kearsipan kelas X yang dikembangkan sangat layak dan valid untuk digunakan dalam kegiatan proses pembelajaran didalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126274

Actions (login required)

View Item View Item