Sulistyowati (2019) Efektivitas evaluasi pembelajaran mata pelajaran administrasi umum berbasis Kahoot! (studi kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Pasuruan) / Sulistyowati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Sulistyowati. 2019. Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Mata Pelajaran Administrasi Umum Berbasis Kahoot (Studi Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Dr. H. Sutrisno M.M. Kata Kunci Kahoot alat evaluasi Evaluasi adalah sebuah proses sistematis dan berkelanjutan untuk menentukan kualitas dalam kaitannya dengan nilai serta arti dari sesuatu dengan pertimbangan dan suatu kriteria tertentu untuk mengambil suatu keputusan. Dengan semakin berkembangnya zaman diikuti dengan berkembangnya teknologi memungkinkan penggunaan alat evaluasi berbasis teknologi terutama apabila pengajar menggunakan game maka akan memberi dampak yang positif peserta didik akan merasa lebih rileks aktif dan tertarik dengan materi pelajaran yang akan di evaluasikan yaitu mata pelajaran administrasi umum. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan hasil efektivitas evaluasi pembelajaran administrasi umum berbasis Kahoot di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Pasuruan (2) mendeskripsikan penerapan evaluasi pembelajaran administrasi umum berbasis Kahoot di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Pasuruan (3) mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap evaluasi pembelajaran administrasi umum berbasis Kahoot di kelas X OTKP 1 SMK Negeri 1 Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas memiliki prosedur penelitian berbentuk siklus dalam penelitian ini menggunakan model desain siklus dari Kurt Lewin yang didesain dalam bentuk satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu (1) perencanaan tindakan (planning) (2) pelaksanaan tindakan (action) (3) observasi/pengamatan (observing) dan (4) refleksi (reflection). Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dari evaluasi pembelajaran akan diadakan dua kali siklus penelitian. Sumber data penelitian diklasifikasi menjadi 3P (Person Place dan Paper) dikumpulkan dengan cara observasi wawancara angket atau kuesioner dokumentasi dan tes. Subyek penelitian adalah siswa kelas X OTKP 1 yang berjumlah 35 anak. Penelitian akan dilaksanakan dengan menggunakan mata pelajaran administrasi umum kompetensi dasar menerapkan komunikasi di tempat kerja. Hasil Validasi butir soal evaluasi siklus I sebesar 67 5% yang berarti cukup valid cukup efektif cukup tuntas dapat digunakan namun perlu perbaikan perbaikan hasil validasi butir soal evaluasi siklus I sama dengan hasil validasi siklus II. Dari hasil pengumpulan respon peserta didik mengenai efektivitas evaluasi pembelajaran mata pelajaran administrasi umum berbasis Kahoot yang dilakukan dengan penyebaran angket melalui google form didapatkan hasil respon siswa yang berjumlah 35 anak mendapat rata-rata sebesar 81% dan dinyatakan Sangat Layak .
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126267 |
Actions (login required)
View Item |