Pengaruh pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X SMK Negeri 1 Mojoagung / Mochamad Hendra Zhoenaldy - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X SMK Negeri 1 Mojoagung / Mochamad Hendra Zhoenaldy

Zhoenaldy, Mochamad Hendra (2019) Pengaruh pemanfaatan perpustakaan, pemanfaatan internet, dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar siswa mata pelajaran kearsipan kelas X SMK Negeri 1 Mojoagung / Mochamad Hendra Zhoenaldy. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Zhoenaldy M.H. 2019. Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Pemanfaatan Internet dan Lingkungan Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M Kata kunci pemanfaatan perpustakaan pemanfaatan internet lingkungan belajar hasil belajar Pendidikan yang bermutu dapat mengembangkan potensi sumber daya manusia dan mampu menghasilkan output yang berkualitas. Kemampuan siswa harus terus dikembangkan agar menjadi penerus bangsa yang mempunyai daya saing. Banyak hal diluar kelas yang bisa menjadi sumber belajar siswa dan dapat meningkatkan hasil belajar diantaranya adalah pemanfaatan perpustakaan sekolah dan pemanfaatan internet. Tinggi rendahnya hasil belajar juga dipengaruhi oleh lingkungan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Deskripsi Pemanfaatan Perpustakaan Pemanfaatan Internet Lingkungan Belajar dan Hasil Belajar (2) Pengaruh Pemanfaatan Perpustakaan Pemanfaatan Internet dan Lingkungan Belajar secara parsial terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X SMK Negeri Mojoagung. Peneletian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 143 siswa kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri Mojoagung dengan sampel sejumlah 112 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling. Pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner dan dokumentansi. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskriptif uji asumsi klasik dan uji regresi linier berganda. Uji hipotesis menggunakan Uji t. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa (1) Pemanfaatan Perpustakaan Pemanfaatan Internet dan Lingkungan Belajar dalam klasifikasi baik (2) Pemanfaatan Perpustakaan Pemanfaatan Internet dan Lingkungan Belajar secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar. Nilai R Square sebesar 0 524 yang artinya persentase sumbangan pengaruh sebesar 52 4% terhadap variabel Y sisanya sebesar 47 6% dipengaruhi variabel lain. Peneliti selanjutnya diharapkan melakukan penelitian lebih lanjut terkait variabel lain yang diduga dapat mempengaruhi hasil belajar selain dari variabel pemanfaatan perpustakaan (X1) pemanfatan internet (X2) lingkungan belajar (X3). Variabel lain tersebut meliputi peran guru metode mengajar dan motivasi belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126265

Actions (login required)

View Item View Item