Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi prezi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Sari Nur Alfiah

Alfiah, Sari Nur (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi prezi untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran kearsipan (studi pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen) / Sari Nur Alfiah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Alfiah, Sari Nur. 2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Prezi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kearsipan” (Studi pada Peserta Didik Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Kelas X di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi, Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing : H. Imam Bukhori, S.Pd., M.M., M.Pd Kata Kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi Prezi, Hasil Belajar, Kearsipan, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Kearsipan, (2) mengetahui kelayakan produk media pembelajaran berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Kearsipan, (3) mengetahui hasil belajar peserta didik dengan metode pembelajaran media berbasis Prezi pada Mata Pelajaran Kearsipan X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model penelitian dan pengembangan yang meliputi tahap-tahap: (1) analisis data; (2) pengembangan produk; (3) uji coba produk. Subjek uji coba penelitian ini berjumlah 35 peserta didik kelas X Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran SMK Negeri 1 Turen. Teknik pengumpulan data menggunakan angket validator ahli media dan validator ahli materi, jenis data kuantitatif sebagai pokok data, meliputi skala penilaian, masukan, saran, dan uraian dari subjek uji coba. Data kuantitatif yang diperoleh dari lembar kuisioner penilaian dianalisis, selanjutnya dikonversikan ke data kualitatif dengan menggunakan skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) produk media pembelajaran berbasis aplikasi Prezi pada Mata Pelajaran Kearsipan ini berhasil dikembangkan melalui beberapa tahapan, yaitu analisis data, pengembangan produk media Prezi, uji coba produk; (2) hasil penilaian ahli media mendapatkan skor rata-rata 4,91 atau 98% dalam persentase yang berarti media Prezi ini sangat layak dan valid untuk digunakan, hasil penilaian ahli materi mendapatkan skor rata-rata 4,46 atau 89% dalam persentase yang berarti materi yang diajarkan sangat baik; dan hasil uji coba pengguna mendapatkan skor rata-rata 90,6% yang berarti sangat layak untuk digunakan sebagai acuan pembelajaran; (3) hasil belajar yang diperolah melalui pretest dan posttest mendapatkan skor rata-rata 53,71% untuk hasil pretest, sedangkan hasil posttest mendapatkan skor rata-rata 88,86%. Dengan demikian hasil belajar peserta didik meningkat setelah menerapkan media pembelajaran berbasis aplikasi Prezi. Dan media pembelajaran berbasis aplikasi Prezi yang telah dikmbangkan dianggap layak untuk dijadikan acuan media pembelajaran untuk kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126263

Actions (login required)

View Item View Item