Studi tentang hasil gambar anak kelas awal sekolah dasar di perkotaan dan pedesaan di Kediri / Dicky Dwi Permana - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang hasil gambar anak kelas awal sekolah dasar di perkotaan dan pedesaan di Kediri / Dicky Dwi Permana

Permana, Dicky Dwi (2012) Studi tentang hasil gambar anak kelas awal sekolah dasar di perkotaan dan pedesaan di Kediri / Dicky Dwi Permana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Studi Hasil Gambar Anak Kelas Awal. Seni rupa bagi anak adalah sebagai media kegiatan untuk mengembangkan potensi jiwa dan pengendalian diri. Pengembangan berseni rupa anak merupakan pengembangan dari kehidupannya. Melalui pengalaman seni rupa anak anak mengenal olah fikir olah rasa dan olah krida sebagai perluasan lahan bermain yang harmonis. Dengan mengamati meniru mengangan-angan mencoba dan mencipta sesuatu perwujutan melalui pengorganisasian unsur-unsur visual berarti anak telah berseni rupa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hasil gambar anak kelas awal di Kota Kediri baik dari segi gaya gambar tema media teknik hingga pemilihan warna. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan cara konten analisi dan visual analisis. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif ini peneliti berharap dapat menghasilkan gambaran sebagai jawaban dari permasalahan yang ada melalui data-data yang terkumpul. Subjek penelitian adalah berupa 90 hasil gambar dari siswa SD yang terletak di Perkotaan dan Pedesaan. Hasil gambar tersebut terdiri dari 45 hasil gambar siswa SDK Santo Yosef dan 45 hasil gambar SDN Singonegaran 1. Analisis data (1) reduksi data (2) penyajian data dan (3) menarik kesimpulan. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa hasil gambar siswa SD pada kelas awal mempunyai perbedaan dan persamaan antara sekolah yang ada di perkotaan dan di pedesaan. Dari segi tema terlihat persamaan dan perbedaan. Persamaan ada pada tema lingkungan berupa rumah pemandangan dan kendaraan namun berbeda pada bentuknya. Kemudian untuk gaya gambar terjadi persamaan antara kedua sekolah yaitu gaya gambar ideoplastis dan stereotype. Teknik yang digunakan rata-rata sama yaitu blocking dan gradasi. Media yang digunakan adalah crayon pastel pensil warna spidol warna. Sedangkan untuk pemilihan warna sekolah yang terdapat di perkotaan hasilnya lebih variatif dari pada yang ada di pedesaan hal ini dipengaruhi oleh kelengkapan warna dan kebiasaan anak yang sebagian besar adalah anggota klub menggambar. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan kepada mahasiswa pendidikan seni rupa yang akan menjadi seorang pengajar hendaknya lebih memperhatikan dan lebih memahami tentang tipologi gambar anak sehingga tidak ada lagi guru atau pembina yang tidak paham akan tipologi gambar anak. Selain itu diharapkan penelitian ini dapat sebagai modal untuk melakukan penelitian-penelitian tentang gamabar anak yang lebih mendalam lagi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12626

Actions (login required)

View Item View Item