Naja, Chifni Darun (2020) Penerapan model pembelajaran inquiry learning degan media augmented reality untuk meningkatkan higher order thinking skill dan hasil belajar siswa (Studi pada Siswa Kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Kediri pada KD menerapkan penanganan surat keluar mata pelajaran kearsipan tahun ajaran 2019/2020) / Chifni Darun Naja. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Naja C. D. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Inquiry Learning dengan Media Augmented Reality Untuk Meningkatkan Higher Order Thingking Skill dan Hasil Belajar Siswa. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto M. Si. Kata Kunci inquiry learning augmented reality higher order thingking skill hasil belajar Pendidikan sangat berpengaruh terhadap kualitas sumber daya yang dihasilkan. Kompetensi lulusan pada abad 21 diharapkan mempunyai ketrampilan kemampuan berpikir tingkat tinggi melek digital dan teknologi dan memiliki wawasan luas. Untuk menjawab tantangan global tersebut sekolah harus melakukan pendekatan pembelajaran yang digunakan dengan kreatif dan inovatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) hasil penerapan model pembelajaran Inquiry Learning dengan Media Augmented Reality (2) peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (3) Peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah kelas X OTKP 1 SMK Negeri 2 Kediri dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) observasi (2) tes (3) catatan lapangan (4) dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran inquiry learning dengan media augmented reality dapat terimplementasi dengan baik (2) penerapan model pembelajaran inquiry learning dengan media augmented reality ini efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa (HOTS) (3) penerapan model pembelajaran inquiry learning dengan media augmented reality ini efektif meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan penelitian ini disarankan (1) guru/peneliti lebih lanjut dapat menerapkan model pembelajaran tersebut karena efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan hasil belajar siswa (2) guru/peneliti dianjurkan untuk menggunakan teknologi augmented reality karena dapat meningkatkan minat siswa (3) peneliti selanjutnya diharapkan dapat melakukan penelitian lebih dari 2 siklus untuk menghasilkan hasil temuan yang lebih signifikan (4) peneliti selanjutnya diharapkan untuk menggunakan imstrumen yang lebih valid.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 07 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/126228 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |