Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis lectora untuk meningkatkan belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Telkom Brawijaya Blitar mapel administrasi kepegawaian) / Miatul Maaniyah

Maaniyah, Miatul (2019) Pengembangan media pembelajaran audio visual berbasis lectora untuk meningkatkan belajar siswa (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK Telkom Brawijaya Blitar mapel administrasi kepegawaian) / Miatul Maaniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ma’aniyah, Miatul. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Lectora untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Kepegawaian Kelas XII Administrasi Perkantoran di SMK Telkom Brawijaya. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H. Mohammad Arief, M.Si (2) Dr. Wening Patmi Rahayu, S.Pd, M.M Kata Kunci: media pembelajaran, lectora, administrasi kepegawaian, hasil belajar. Penelitian ini didasarkan pada fakta dengan perkembangan teknologi, dunia pendidikan juga perlu melakukan penyesuaian terutama pembelajaran di sekolah. Salah satunya ialah dengan menggunakan media pembelajaran di sekolah. Akan tetapi, fakta di lapangan menunjukkan bahwa media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam menyampaikan materi pada mata pelajaran administrasi kepegawaian masih tradisional. Tujuan penelitian ini adalah 1) Menghasilkan produk berupa media pembelajaran Audio Visual berbasis Lectora pada kompetensi dasar mengamati proses kerja administrasi kepegawaian di instansi/dunia usaha kelas XII ADP di SMK Telkom Brawijaya Blitar. 2) Mengetahui kelayakan media pembelajaran Audio Visual yang telah dikembangkan melalui validasi ahli. 3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Audio Visual dan tanpa menggunakan media pembelajaran Audio Visual dalam proses pembelajaran. Rancangan penelitian ini diadaptasi dari model Plomp 2007 melalui 3 tahapan penelitian, yaitu penelitian awal, tahap pengembangan prototipe, dan tahap evaluasi. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh 1 orang dosen jurusan Teknologi Pendidikan sebagai ahli media dan 1 orang guru mata pelajaran Administrasi Kepegawaian. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran berupa media pembelajaran Audio Visual berbasis Lectora pada mata pelajaran Administrasi Kepegawaian kelas XII SMK kompetensi dasar mengamati proses kerja administrasi kepegawaian di Instansi/Badan Usaha yang mengandung audio, teks,dan gambar. Berdasarkan penilaian oleh validator media diperoleh data bahwa media ini termasuk sangat valid dengan presentase 95% sedangkan berdasarkan penilaian validator materi, media ini termasuk valid dengan presentase 80%. Efektivitas produk diperoleh dari data perbandingan hasil belajar siswa, rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol 79,67% dan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 88,67. Dengan demikian nampak bahwa penggunaan media pembelajaran audio visual berbasis lectora ini lebih efektif dibandingkan dengan tanpa menggunakan media dalam pembelajaran. Adapun saran yang diberikan adalah: 1) menggunakan media dengan didukung oleh sumber belajar yang lain guna memperkaya informasi yang di dapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126226

Actions (login required)

View Item View Item