Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pogalan) / Finda Khoirun Nisak

Nisak, Finda Khoirun (2019) Pengembangan media pembelajaran berbasis autoplay media studio 8 pada mata pelajaran kearsipan untuk meningkatkan hasil belajar (studi pada siswa kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pogalan) / Finda Khoirun Nisak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Nisak, F.K. 2109. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 Pada Mata Pelajaran Kearsipan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi Pada Siswa Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pogalan). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Sutrisno, M.M. Kata Kunci: media pembelajaran, cooperative learning, hasil belajar Pembelajaran yang masih berorientasi pada guru dengan banyak melakukan ceramah akan memberikan kemampuan tingkat rendah yang berakibat pada kurang maksimalnya hasil belajar peserta didik. Mata pelajaran Kearsipan yang menjadi mata pelajaran dasar jurusan Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) membutuhkan media yang mampu menarik perhatian peserta didik untuk lebih fokus mendengarkan materi. Pengembangan media pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 kemudian dipadukan dengan penerapan model pembelajaran cooperative learning dalam mengkonstruksi pemahaman diharapkan mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik untuk mata pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP SMK Negeri 1 Pogalan. Penelitian dan pengembangan diharapkan mampu: (1) Menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 pada KD Mengevaluasi Arsip dalam Rangka Menentukan Retensi Arsip, (2) Mengetahui keefektifan media melalui hasil validasi ahli materi dan validasi ahli media sehingga layak digunakan guru dalam kegiatan pembelajaran, serta (3) Mengetahui keefektifan media pembelajaran dengan membandingkan rata-rata hasil belajar kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran dan kelas kontrol yang tidak menggunakan media. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development Borg & Gall yang dimodifikasi oleh Sukmadinata (2015) dengan tiga tahap. Ketiga tahap tersebut adalah: (1) Studi Pendahuluan, (2) Pengembangan Model, dan ke (3) Uji Model. Penelitian dilakukan di SMK Negeri 1 Pogalan pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar Mengevaluasi Arsip dalam Rangka Menentukan Retensi Arsip. peneliti memberikan soal posttest dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan peserta didik setelah menerima materi. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media, kemudian dilanjutkan dengan uji terbatas menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran berbasis Autoplay Media Studio 8 sangat valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran. Namun, karena masih terdapat beberapa saran dari ahli materi dan ahli materi sehingga tetap dilakukan evaluasi dan perbaikan terhadap media pembelajaran. Hasil perhitungan uji t pada nilai kelas eksperimen dan nilai kelas kontrol menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan, karena kelas eksperimen yang menggunakan media Autoplay Media Studio 8 dalam kegiatan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata posttest yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang tidak menggunakan media ketika pembelajaran berlangsung. Standar deviasi juga menunjukkan bahwa pada kelas kontrol memiliki nilai yang lebih heterogen daripada kelas eksperimen. Probabilitas uji t menolak H0 sehingga menyatakan adanya perbedaan signifikan rata-rata nilai kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan data di atas dapat disimpulkan bahwa Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 pada mata pelajaran Kearsipan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Saran pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Autoplay Media Studio 8 bagi guru adalah untuk mempelajari penggunaan media melalui buku panduan dan latihan agar pemanfaatannya lebih baik, sedangkan saran bagi siswa yaitu siswa diharapkan berperan aktif dalam pembelajaran, apabila ada hal yang tidak dipahami dapat ditanyakan pada guru mata pelajaran yang bersangkutan. Saran pengembangan lebih lanjut untuk peneliti selanjutnya adalah untuk menambah tingkat kesulitan pada soal dengan tambahan soal essay, dan soal praktik yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/126224

Actions (login required)

View Item View Item