Studi tentang empat lukisan pelepah pisang karya Ladiono periode 2007 / Herdha Prasila - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang empat lukisan pelepah pisang karya Ladiono periode 2007 / Herdha Prasila

Prasila, Herdha (2011) Studi tentang empat lukisan pelepah pisang karya Ladiono periode 2007 / Herdha Prasila. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci studi lukisan pelepah pisang Ladiono Suatu karya seni yang estetik dihasilkan melalui pengalaman pengalaman kotemplasi maupun imajinasi. Dalam menciptakan suatu karya seni tidak lepas dari adanya pengaruh lingkungan. Salah satu pelukis yang penciptaan karya seninya mendapat pengaruh dari lingkungan adalah Ladiono. Ladiono merupakan sosok seniman yang aktif kreatif dan berpotensi dalam menghasilkan karya- karya seni dengan bentuk lukisan pelepah pisang yang menonjol seperti relief. Tekstur dan warna yang ditampilkan pada lukisan Ladiono berasal dari media asli pelepah pisang. Selain itu bentuk objek yang ditampilkan Ladiono menggunakan satu atau dua objek utama dengan background yang berupa ruang maya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan pendekatan kritik holistik. Penelitan ini dilaksanakan pada bulan April sampai Mei di rumah Ladiono di Trenggalek merupakan seniman pelepah pisang dan sebagai narasumber dengan cara observasi wawancara langsung dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengecekan keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi data dan sumber agar data tersebut dapat dipertanggung- jawabkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan kematangan berproses kreatif/ kerja seni Ladiono dapat memvisualisasikan ide melalui pengalaman melihat (baik secara langsung maupun tidak langsung) mendengar dan merasakan sehingga dapat terwujud lukisan dengan memanfaatkan media dari alam yaitu pelepah pisang dengan bentuk yang cenderung ekspresif dan inovatif. Lukisan pelepah pisang karya Ladiono periode 2007 menggambarkan tentang realitas kehidupan perilaku pengalaman hidup masyarakat masa kini dengan menggunakan figur manusia dan objek hewan sebagai symbol. Lukisan pelepah pisang karya Ladiono mengandung nilai- nilai pesan moral seperti nilai perdamaian pentingnya perilaku jujur dalam lembaga tinggi Negara perlunya istirahat untuk mengembalikan stamina tubuh serta adanya rasa cinta dan kasih sayang terhadap sesama manusia tanpa melihat tinggi rendahnya pekerjaan. Ladiono cenderung lebih mengarah pada sebuah sisi kehidupan atau dapat dikatakan sebagai figur seniman humanis. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka disarankan agar dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai makna yang terdapat dalam visualisasi dan karakter lukisan Ladiono dengan mengarahkan penelitian pada makna penggunaan tokoh pewayangan periode tahun 2000-2006 Peranan warna pelepah pisang untuk lukisan Ladiono dan perubahan corak/ gaya pada lukisan pelepah pisang karya Ladiono baik menggunakan kritik holistik maupun dengan kritik formalistik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12622

Actions (login required)

View Item View Item