Tipe dan tema gambar anak ditinjau dari struktur visual gambar pada siswa kelas IIA SDN Percobaan 1 Malang / Prasojo Abadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Tipe dan tema gambar anak ditinjau dari struktur visual gambar pada siswa kelas IIA SDN Percobaan 1 Malang / Prasojo Abadi

Abadi, Prasojo (2011) Tipe dan tema gambar anak ditinjau dari struktur visual gambar pada siswa kelas IIA SDN Percobaan 1 Malang / Prasojo Abadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci tipe tema struktur visual siswa SDN Percobaan 1 Malang. Anak pada usia kelas II SD termasuk dalam kategori anak sekolah dasar kelas rendah dan pada masa ini anak berada pada masa peka dimana setiap anak memiliki atau mengalami masa peka ekspresi kreatif dalam menggambar. Sedangkan bila dilihat dari segi sosial berdasarkan pengalaman sosial anak pada masa ini berpengaruh terhadap sifat sosialnya. Banyaknya pengalaman yang menyenangkan mendorong anak untuk memiliki sifat sosial sedangkan pengalaman tidak menyenangkan akan mendorong anak menjadi tidak sosial dan anti sosial. Sehingga anak pada usia tersebut baik untuk dijadikan objek penelitian dalam kaitannya kegiatan pelajaran menggambar. Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengadakan penelitian mengenai tipe dan tema gambar anak ditinjau dari struktur visual gambar pada siswa kelas II A di SDN Percobaan 1 Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tipe dan tema gambar anak yang terdapat pada hasil gambar siswa kelas II di SDN Percobaan 1 Malang berdasarkan struktur visual bentuk dan warnanya. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Proses pengumpulan data dengan cara observasi wawancara dan dokumentasi hasil gambar siswa kelas II A SDN Percobaan 1 Malang dengan jumlah 26 orang anak. Analisa data melalui tahap (1) reduksi data (2) penyajian data (3) verifikasi data. Tahap pengecekan keabsahan data dengan Trianggulasi data. Berdasarkan hasil analisis data tersebut diperoleh simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama pada hasil gambar siswa kelas II A SDNP 1 Malang ditemukan ada tiga tipe gambar yakni tipe gambar dominan bentuk tipe gambar dominan warna dan tipe gambar dominan bentuk dan warna. Namun kecenderungan tipe gambar berupa tipe gambar dominan bentuk dan warna. Sehingga visualisasi gambar memiliki kekuatan baik dari segi warna dan bentuk. Kedua pada hasil gambar siswa kelas II A SDNP 1 Malang ditemukan tema sosial yang prososial berupa kesetiakwanan sosial cita-cita empati dan sikap ramah. Tema gambar asosial yang berupa pertengkaran persaingan dan egosentrisme. Serta tema lingkungan yang berupa rumah dunia mainan sekolah hewan dan transportasi. Sedangkan kecenderungan tema gambar sosial yang pro-sosial yaitu cita-cita dan kesetiakawanan sosial. Cita-cita menunjukkan adanya kecerdasan emosi intra-personal yang tinggi sedangkan kesetiakawanan sosial menunjukkan adanya kecerdasan inter-personal (sosial) yang tinggi. Sedangkan tema lingkungan cenderung bertemakan rumah. Berdasarkan penelitian tersebut disarankan lebih mendalami tipe dan tema gambar pada anak sehingga lebih mengetahui karakter potensi gambar anak serta kepribadian anak agar anak bisa diarahkan ke pola perilaku yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12621

Actions (login required)

View Item View Item