Studi desain kerajinan manik-manik "Griya Manik" di Gambang Jombang / Siswi Pangestiningsasi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi desain kerajinan manik-manik "Griya Manik" di Gambang Jombang / Siswi Pangestiningsasi

Pangestiningsasi, Siswi (2011) Studi desain kerajinan manik-manik "Griya Manik" di Gambang Jombang / Siswi Pangestiningsasi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Desain Kerajinan Griya Manik Jombang Tidak banyak orang yang meneliti tentang kerajinan manik-manik bahkan mereka cenderung berhasrat lebih untuk memiliki daripada memahaminya. Hal ini sangat disayangkan karena manik-manik juga merupakan salah satu peninggalan kebudayaan Indonesia yang perlu terus dilestarikan mengingat manik juga dipakai sebagai perhiasan pada upacara tradisional dan dianggap sebagai pusaka budaya di beberapa tempat di Indonesia. Oleh karena itu Griya Manik merupakan salah satu penerus seni kerajinan manik-manik memiliki tidak lebih dari 20 pengrajin dan menghasilkan produk yang dieksport ke beberapa negara seperti Jepang Thailand dan Eropa. Untuk itu bagaimana proses penciptaan kerajinan manik-manik Griya Manik di desa Gambang Jombang dan bagaimana wujud visual kerajinan manik-manik Griya Manik di desa Gambang Jombang perlu diungkap lebih lanjut. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan proses penciptaan kerajinan manik-manik di Griya Manik serta mendeskripsikan wujud visual mengenai jenis dan desain dari kerajinan manik-manik yang ada di Griya Manik Gambang Jombang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif berupa paparan data proses penciptaan kerajinan manik-manik dan wujud visual kerajinan manik-manik diperoleh dari observasi langsung dan data sekunder dari berbagai sumber. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dimulai dari deskripsi analisis formal interpretasi dan evaluasi atau keputusan. Dalam proses penciptaan pengrajin memanfaatkan limbah kaca untuk dipergunakan sebagai bahan utama pembuatan kerajinan manik-manik yang unik. Peralatan yang digunakan yaitu kompor duduk kompor strong tungku kapi tang kawat stenlis pipa stenlis gerinda dan bahan cukup sederhana dalam pembuatannya yaitu limbah kaca kaolin pigmen dan bahan bakar namun dari kesederhanaan dan proses kreatif yang tinggi menghasilkan suatu produk kerajinan manik-manik yang unggul. Dalam proses pembuatan kerajinan manikmanik menggunakan teknik pembakaran bersuhu 400-800o C. untuk memperoleh manik-manik yang bervariasi dan pengemasan desain yang baik guna menjaga kualitas produk dipasaran serta memiliki nilai jual yang tinggi. Terkait dengan wujud visual desain secara umum manik-manik kaca yang diproduksi Griya Manik merupakan manik manik berleher teknik lapidary manik monokrom manik policrom dan manik beruas-ruas. Manik-manik tersebut antara lain kiffa beads borneo beads islamic beads mulisalah sevron dan modern beads. Dari setiap manik-manik tersebut memiliki makna simbolik sosial budaya estetik dan nilai ekonomis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12620

Actions (login required)

View Item View Item