Prastiyo, Heru (2011) Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman materi seni musik pada mata pelajaran seni budaya kelas 1 SMP N 7 Malang / Heru Prastiyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Media pembelajaran Pemahaman Materi Seni Musik Mata Pelajaran Seni Budaya Pengembangan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Materi Seni Musik pada Mata Pelajaran Seni Budaya Kelas 1 SMP N 7 Malang merupakan salah satu bentuk cara pengembangan pembelajaran di sekolah. Pen-yampaian materi yang menggunakan teks dan visualisasi dari buku dirasakan kurang untuk membantu siswa dalam memahami materi seni musik padahal materi seni musik membutuhkan media audio dan video untuk menyampaikan musik lebih nyata dan bukan hanya di angan-angan siswa saja. Dari beberapa kekurangan multimedia yang diterapkan tersebut di atas maka penerapan multi-media berbasis flash akan membantu menutupi keterbatasan media yang diguna-kan di SMP N 7 Malang. Media pembelajaran berbasis flash ini akan mampu menampilkan dan menunjukkan lebih banyak informasi dan pengetahuan seni musik dari berbagai media antara lain text narasi audio visual dan video. Semua elemen tersebut akan dikemas dalam 1 bentuk multimedia Flash. Berdasar-kan alasan tersebut diataslah yang mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan melakukan kegiatan observasi secara langsung praktek penerapan media pembelajaran berbasis flash dalam materi seni musik pada mata pelajaran seni budaya SMP N 7 Malang. Pengembangan ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dalam teknik pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis flash. Sertai mendiskripsian kondisi belajar di kelas pada waktu pembelajaran seni musik menggunakan media pembelajaran berbasis flash. Dalam pengembangan ini peneliti menggunakan model pengembangan Research Development (R D) dari Borg Gall dalam Ardhana (2002 9). Sumber data yang digunakan adalah siswa SMP N 7 Malang kelas VII B. Data dalam penelitian ini adalah hasil nilai guru seni budaya dan nilai test setelah penyampaian materi menggunakan media pembelajaran hasil kuesioner dan observasi. Instrumen yang digunakan adalah angket tes dan pedoman observasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media berbasis flash dapat mempermudah siswa dalam memahami materi/ bahan ajar yang diberikan. Hal ini terbukti dari meningkatnya nilai rata-rata kelas yang semula 70 70 menjadi 75 73. Peningkatan nilai tersebut menunjukan bahwa siswa SMP N 7 Malang bisa lebih mudah memahami materi dengan pembelajaran menggunakan media pembelajaran berbasis flash. Dan dengan pengajaran meng-gunakan media pembelajaran flash membuat situasi kelas yang baru dan lebih inovatif dan membuat siswa merasa lebih senang untuk belajar dan kesenangan itulah yang berpengaruh pada peningkatan pemahaman belajar mereka
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 27 Sep 2011 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2011 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12617 |
Actions (login required)
View Item |