Pengembangan buku pembelajaran seni rupa untuk mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV SD / Marta Putri Damayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku pembelajaran seni rupa untuk mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV SD / Marta Putri Damayanti

Damayanti, Marta Putri (2011) Pengembangan buku pembelajaran seni rupa untuk mata pelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV SD / Marta Putri Damayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Buku pembelajaran seni rupa kelas IV SD Pembelajaran seni rupa di sekolah dasar merupakan dasar untuk mengembangkan potensi kecerdasan dan kepribadian anak. Karena itu pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa antara manusiawi material fasilitas dan prosedur agar dapat saling mempengaruhi untuk mencapai tujuan tersebut. Salah satu yang sangat berpengaruh adalah pemilihan media dan pengembangan bahan ajarnya. Dari uraian di atas maka perlu diadakan penelitian tentang pengembangan buku pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik sebagai salah satu alternatif dalam menciptakan pembelajaran seni rupa yang menarik dan menyenangkan untuk kelas IV SD. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah terciptanya buku ajar yang berisi hasil pengembangan bahan ajar untuk digunakan dalam pembelajaran seni budaya dan keterampilan kelas IV SD. Model pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah model prosedural. Uji lapangan dilakukan di SD. Langkah-langkah penelittian pengembangan media pembelajaran ini adalah sebagai berikut (1) identifikasi kebutuhan (2) merumuskan tujuan (3)memilih dan mengembangkan materi (4) produksi (5) validasi produk (6) revisi (7) uji coba produk (8) uji coba kelompok kecil (9) hasil akhir. Penelitian ini menghasilkan produk berupa buku pembelajaran seni rupa untuk kelas IV SD yang telah divalidasi. Buku tersebut adalah buku yang dirancang khusus berisi materi seni rupa sesuai dengan standar isi untuk kelas IV SD. Buku ini dirancang dengan lebih banyak informasi visual agar lebih menarik. Berdasarkan hasil uji ahli media diketahui tingkat validitas media pembelajaran yaitu 88 75%. Untuk hasil uji ahli materi produk pengembangan memiliki tingkat validitas 80 56%. Berarti media pembelajaran tersebut cukup layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk meningkatkan tingkat validitasnya diadakan revisi terhadap media (1) menambah kelengkapan identitas cover dan membuat desain cover dalam (2) memperbesar dan memperjelas data visual berupa gambar (3) memperbaiki desain layout (4) memperbaiki dekorasi agar tidak berlebihan. Adapun revisi yang telah dilakukan terhadap materi yaitu (1) dari aspek materi/teks yaitu harus dicermati pemaparan konsepnya(2) mengubah beberapa kata yang terlalu sulit untuk pengguna (3) menyesuaikan tingkat kesulitan tugas dan soal dengan kemampuan pengguna. Media pembelajaran tersebut kemudian diujicobakan kepada siswa. Secara keseluruhan persentase vii penilaian yang didapat dari hasil jawaban siswa adalah 80 92%. Hal ini berarti Buku Pembelajaran Seni Rupa untuk Pembelajara Seni Budaya dan Keterampilan Kelas IV SD ini valid dan dapat digunakan dalam pembelajaran. Dari hasil pengembangan dalam penelitian ini peneliti memberikan Saran pengembangan produk lebih lanjut bagi peneliti/pengembang lain/selanjutnya yang akan mengembangkan media pembelajaran akan lebih baik apabila produk pembelajaran dibuat dengan lebih menarik baik dari segi warna gambar atau yang lainnya. Pengembangan buku pembelajaran seni musik seni tari dan juga keterampilan juga akan sangat baik dalam mendukung terlaksananya pembelajaran SBK secara komprehensif. Selain itu diharapkan dapat melakukan uji coba produk pengembangan kepada subjek yang lebih luas dengan kurun waktu yang lebih lama sehingga didapatkan validitas media yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Sep 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12614

Actions (login required)

View Item View Item