Kajian kritik seni holistik terhadap lukisan sketsa karya Suderi periode 2010 / Elfa Olivia Verdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Kajian kritik seni holistik terhadap lukisan sketsa karya Suderi periode 2010 / Elfa Olivia Verdiana

Verdiana, Elfa Olivia (2011) Kajian kritik seni holistik terhadap lukisan sketsa karya Suderi periode 2010 / Elfa Olivia Verdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci lukisan sketsa latar belakang tujuan karakteristik nilai makna Lukisan sketsa merupakan sketsa sebagai karya jadi. Lukisan sketsa mempunyai daya ekspresi yang besar berupa hasil rekaman maupun imajinasi seniman terhadap objek secara spontanitas dan mengalir bebas yang visualisasinya mengutamakan estetika garis dan menggunakan warna yang minim. Namun kebiasaan berkarya sketsa kini mulai jarang ditekuni sebagai pondasi seorang perupa. Selain itu banyak masyarakat yang belum mengenal lukisan sketsa. Karya-karya lukis sketsa seniman Suderi sangat menarik dari segi latar belakang tujuan karakteristik nilai dan maknanya. Melalui pembelajaran kritik seni diharapkan bisa bermanfaat bagi siswa maupun mahasiswa karena kritik dapat meningkatkan sensitivitas dan pemikiran yang kritis. Penelitian ini bertujuan mengetahui latar belakang dan tujuan terbentuknya lukisan sketsa karya Suderi periode 2010 karakteristik lukisan sketsa karya Suderi periode 2010 serta nilai dan makna yang terkandung dalam lukisan sketsa karya Suderi periode 2010. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif yang menggunakan kajian kritik seni holistik dari teori Sutopo tahun 1995. Metode yang digunakan adalah dokumentasi observasi dan wawancara. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan trianggulasi sumber dan metode. Selain itu juga ditunjang dengan katalog pameran dan artikel mengenai Suderi serta data-data pustaka yang berkaitan dengan kajian karya lukis sketsa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa latar belakang terbentuknya karya-karya lukis sketsa Suderi antara lain dari studi pendidikan seni rupanya dan belajar dari teman-temannya kemudian ditekuni hingga sekarang. Sikap karakter dan seleranya melatarbelakangi pilihan tema alam tema kerja dan tradisional. Tujuannya berkarya lukis sketsa antara lain untuk mengabadikan objek yang unik dan langka mengekspresikan diri dan memvisualisasikan keartistikan lukisan sketsa serta berkomunikasi pada masyarakat. Karakteristik karya lukis sketsa Suderi yaitu lukisannya bergaya ekspresionis. Media yang digunakan adalah kertas tinta pigmen dan lidi. Goresannya ekspresif tidak mengutamakan kemiripan objek garis-garisnya berirama nampak gradasi warna dan emphasis pada beberapa karya. Pilihan objek-objeknya nyata dan apa adanya tentang tema alam tema kerja dan tradisional. Karya-karya lukis sketsa Suderi menyiratkan nilai-nilai sosial dan budaya serta mengandung makna yaitu penghargaan terhadap alam dan budaya yang harus dilestarikan. Selain itu juga menyiratkan semangat nasionalis dan kegigihan manusia serta rasa syukur terhadap Tuhan YME. Dalam mengkaji karya lukis sketsa berikutnya lebih fokus membahas makna. Karena notabene karya seni merupakan media komunikasi secara visual pada masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12600

Actions (login required)

View Item View Item