Perancangan multimedia pembelajaran seni rupa: menggambar bentuk-bentuk kubistis dan silindris / Elly Arif Maskuri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perancangan multimedia pembelajaran seni rupa: menggambar bentuk-bentuk kubistis dan silindris / Elly Arif Maskuri

Maskuri, Elly Arif (2011) Perancangan multimedia pembelajaran seni rupa: menggambar bentuk-bentuk kubistis dan silindris / Elly Arif Maskuri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Perancangan Multimedia Pembelajaran Seni Rupa SMP/Mts. Dalam pembelajaran dikenal berbagai media yang digunakan sebagai me-dia penunjang berlangsungnya kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media siswa akan lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar. Pemilihan media yang te-pat dapat mempengaruhi kualitas proses maupun kualitas hasil pembelajaran. Adanya buku buku yang membahas mengenai seni rupa di SMP/Mts sepertinya belum mampu memberikan solusi pada era globalisasi mengenai materi gambar bentuk yang lengkap sehingga diperlukan adanya sebuah multimedia yang mampu menampung seluruh informasi secara lengkap (baik berupa teks audio dan video dalam satu paket) mengenai gambar bentuk yang menarik tetapi sesuai dengan kurikulum yang telah ditetapkan .Maka dari itu diperlukan suatu perancangan multimedia pembelajaran senirupa menggambar bentuk-bentuk kubis tis dan silindris. Perancangan ini menggunakan model prosedural dan terdeskripsi langkah-langkah kerjanya. Dalam model perancangan ini langkah-langkah perancangan dilakukan secara sistematik dan terstruktur berurutan dari awal sampai dengan akhir. Data yang dipakai sebagai acuan berupa data yang bersumber dari observasi dan wawancara secara langsung kepada pihak guru Seni Rupa di SMP N II Pare SMP N II Puncu dan karyawan toko buku. Produk yang dihasilkan berupa sebuah multimedia pembelajaran seni rupa menggambar bentuk-bentuk kubistis dan silindris. Produk ini berupa CD Multi-media dengan konsep gaya desain tecno yang terdiri dari gabungan teks grafis audio gambar bergerak (video dan animasi) dengan menggabungkan link yang memungkinkan pemakai melakukan navigasi dan interaksi. Software yang digu-nakan Adobe Flash Swish Max Adobe Photoshop CorelDraw Power Point EM. Power Point Sony Vegas dan Adobe After Effects. Untuk mendukung Mul-timedia pembelajaran ini maka dibuat media pendukung berupa buku manual gambar bentuk kalender 2011 X banner poster iklan majalah katalog dan stiker. Multimedia yang dihasilkan ini belum diuji coba maka disarankan agar di-lakukan pengujian untuk diketahui keefektifannya. Multimedia ini dapat diguna-kan untuk belajar secara mandiri. Tema-tema isi Multimedia ini didesain secara berurutan untuk itu disarankan penggunaannya mempelajarinya secara berurutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12598

Actions (login required)

View Item View Item