Hubungan antara minat, aktivitas belajar seni budaya dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung / Endika Ngala Jusanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara minat, aktivitas belajar seni budaya dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung / Endika Ngala Jusanto

Jusanto, Endika Ngala (2011) Hubungan antara minat, aktivitas belajar seni budaya dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung / Endika Ngala Jusanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci minat belajar aktivitas belajar seni budaya hasil gambar bentuk. Minat belajar merupakan suatu perhatian rasa suka ketertarikan seseorang (siswa) terhadap belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan partisipasi dan keaktifan dalam belajar sehingga daya-daya yang dimiliki seseorang menjadi berkembang. Berdasarkan hasil pengamatan maupun wawancara awal dengan guru pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel diperoleh data sementara bahwa kesiapan kedisiplinan dan konsentrasi siswa dalam kegiatan pembelajaran gambar bentuk masih rendah dan kurang sesuai dengan indikator yang direncanakan. Sementara minat merupakan faktor penting yang akan berpengaruh terhadap hasil gambar bentuk dimungkinkan bahwa rendahnya minat yang ditunjukkan melalui aktivitas siswa di atas berhubungan dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan (1) minat siswa pada pembelajaran gambar bentuk kelas VII SMP Negeri 1 Pakel (2) aktivitas siswa dalam pembelajaran gambar bentuk kelas VII SMP Negeri 1 Pakel (3) hubungan antara minat pada pembelajaran gambar bentuk dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel (4) hubungan antara aktivitas siswa dalam pembelajaran gambar bentuk dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel (5) hubungan antara minat dan aktivitas siswa dalam pembelajaran gambar bentuk dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan rancangan deskriptif korelasional untuk Populasi sebanyak 208 siswa. Teknik pengambilan sampel memakai probability sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 120 siswa. Teknik pengumpulan data memakai angket/kuesioner. Pada teknik analisis data memakai analisis deskriptif dan regresi berganda menggunakan program komputer SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa pada pembelajaran gambar bentuk dikategorikan tinggi yaitu sebasar 54% aktivitas siswa dalam pembelajaran gambar bentuk dikategorikan tinggi yaitu sebesar 57% dan hasil gambar bentuk siswa dikategorikan tinggi sebesar 52%. Hasil regresi secara parsial menunjukkan bahwa hubungan variabel minat siswa pada pembelajaran gambar bentuk dengan hasil gambar bentuk sebesar 0 000 0 05 (5%) atau 5 806 1 980 dan hubungan variabel aktivitas siswa dengan hasil gambar bentuk sebesar 0 02 0.05 (5%) atau 2 558 1 980. Dengan demikian mempunyai hubungan signifikan antara minat dan aktivitas siswa dengan hasil gambar bentuk siswa. Sedangkan basarnya hubungan/pengaruh antara minat dan aktivitas siswa dalam pembalajaran gambar bentuk dengan hasil gambar bentuk siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pakel Kabupaten Tulungagung yaitu cukup kuat sebesar 50 1%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah diperoleh maka disarankan kepada orang tua maupun pihak sekolah hendaknya selalu meningkatkan minat anak/siswanya supaya hasil belajar siswa tercapai dengan baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Jun 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12590

Actions (login required)

View Item View Item