Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simultaneous round table untuk meningkatkan hasil belajar siswa pemasaran kelas XI BDP 2 SMK Negeri 2 Kediri pada mata pelajaran bisnis ritel / Septriya Noralita

Noralita, Septriya (2019) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe simultaneous round table untuk meningkatkan hasil belajar siswa pemasaran kelas XI BDP 2 SMK Negeri 2 Kediri pada mata pelajaran bisnis ritel / Septriya Noralita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Noralita, Septriya. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Simultaneous Round Table untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pemasaran Kelas XI BDP 2 di SMK Negeri 2 Kediri pada Mata Pelajaran Bisis Ritel. Skripsi, Jurusan Manajemen, Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Ludi Wishnu Wardana, S.T., S.E., S.Pd., M.M. Kata kunci: model pembelajaran simltaneous round table, hasil belajar, mata pelajaran bisnis ritel. Hampir semua sekolah di Indonesia telah menerapkan Kurikulum 2013 (K-13). Dalam Kurikulum 2013 (K-13) menuntut siswa lebih aktif, kreatif, dan inovatif dan guru hanya berperan sebagai fasilitator. Kendalanya banyak siswa yang kurang aktif dalam pembelajaran sehingga mengakibatkan hasil belajar yang kurang bahkan menurun. Hasil belajar yang kurang mengakibatkan tujuan pembelajaran yang diharapkan belum tercapai maksimal. Oleh karena itu, dibutuhkan model pembelajaran yang dapat merangsang keaktifan siswa agar siswa dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran bisnis ritel dengan menggunakan model pembelajaran Simultaneous Round Table. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI BDP 2 Jurusan Pemasaran di SMK Negeri 2 Kediri yang berjumlah 35 siswa terdiri dari 34 siswa perempuan dan 1 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang mana setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, catatan lapangan, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data, dan penyimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Simultaneous Round Table dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan hasil belajar tindakan yang rata-rata 79,71 dengan ketuntasan klasikal sebesar 54,28% dan meningkat pada siklus I yang mencapai rata-rata 80,11 dengan ketuntasan klasikal sebesar 91,42% dan pada siklus II rata-rata mencapai 93,02 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Maka dapat dilihat terjadi kenaikan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang bisa diberikan adalah model pembelajaran Simultaneous Round Table dapat dipertimbangkan untuk diterapkan dalam mata pelajaran Bisnis Ritel untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Model pembelajaran ini juga dapat diterapkan di mata pelajaran lain atau dapat dikolaborasi dengan model pembelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125861

Actions (login required)

View Item View Item