Pengembangan instrumen penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada mata pelajaran penataan produk kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / Maria Isabela Agata Gayuh Satiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan instrumen penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada mata pelajaran penataan produk kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / Maria Isabela Agata Gayuh Satiti

Satiti, Maria Isabela Agata Gayuh (2019) Pengembangan instrumen penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada mata pelajaran penataan produk kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang / Maria Isabela Agata Gayuh Satiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Satiti Maria I. A. G. 2019. Pengembangan Instrumen Penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada Mata Pelajaran Penataan Produk kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Prodi Pendidikan Tata Niaga/Bisnis Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Wening Patmi Rahayu S.Pd. M.M. Kata Kunci Penilaian Two Tier Multiple Choice Penilaian Higher Order Thinking Skill Penilaian Kognitif Penataan Produk Penelitian dan pengembangan ini dilakukan untuk menghasilkan suatu produk berupa instrumen penilaian kemampuan berpikir tingkat tinggi Two Tier Multiple Choice (TTMC) dengan aspek kognitif berbentuk tes pilihan ganda dua tingkat. Tingkat pertama berupa soal pilihan ganda beserta pilihan jawabannya dan tingkat kedua berupa pilihan alasan atas pemilihan jawaban pada tingkat pertama Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan produk berupa Instrumen Penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada Mata Pelajaran Penataan Produk dengan 2 Kompetensi Dasar yaitu Kompetensi Dasar 3.7 Menganalisis layout/planogram penataan produk drink food fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport dan Kompetensi Dasar 3.8 Menganalisis elemen desain dan visual display produk drink food fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport. Tujuan selanjutnya yaitu menghasilkan Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi untuk mengetahui pemahaman siswa serta untuk menghasilkan Instrumen Penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) yang valid dan layak untuk digunakan dan dikembangkan oleh peneliti selanjutnya. Penelitian dan pengembangan ini disusun menggunakan model Research and Development (R D) yang mengadopsi metode Borg Gall. Metode ini merupakan model pengembangan yang sesuai dalam menghasilkan Instrumen Penilaian Two Tier Multiple Choice (TTMC) pada Mata Pelajaran Penataan Produk dengan Kompetensi Dasar 3.7 Menganalisis layout/planogram penataan produk drink food fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport dan Kompetensi Dasar 3.8 Menganalisis elemen desain dan visual display produk drink food fresh dan kosmetik di supermarket fashion dan sport. Penelitian ini dilakukan sampai tahap kelima dari sepuluh tahap yaitu meliputi (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal (2) perencanaan (3) pengembangan awal produk (draft) (4) uji coba terbatas (5) revisi produk. Uji coba terbatas dilakukan oleh peneliti di kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran dengan subjek penelitian masing-masing 7 siswa kelas atas dan 7 siswa kelas bawah untuk menghitung tingkat kesukaran soal dan daya pembeda soal serta 12 siswa untuk uji coba keterbacaan pengguna/siswa terhadap instrumen penilaian serta 1 guru Mata Pelajaran Penataan Produk di SMK PGRI 2 Malang. Penelitian ini dilakukan pada Semester Genap 2018/2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil validasi ahli penilaian kognitif validasi ahli materi dan angket keterbacaan pengguna/siswa ketiganya menunjukkan bahwa instrumen yang dikembangkan dapat dinyatakan Sangat Layak ditunjukkan dari hasil persentase validator ahli penilaian kognitif 94 00% validator ahli materi 91 25 % dan persentase item hasil uji keterbacaan pengguna/siswa memiliki persentase 95 18%. Saran pemanfaatan produk penelitian dan pengembangan Instrumen Penilaian Two Tier Multiple Choice pada Mata Pelajaran Penataan Produk yaitu (1) Dalam melakukan uji coba kepada siswa perlu adanya penjelasan yang mendetail terlebih dahulu pada saat siswa menggunakan instrumen penilaian dan mengerjakan soal pada lembar kerja siswa terutama penjelasan mengenai rubrik penilaian yaitu skor siswa apabila menjawab soal pada first tier benar namun second tier salah maupun sebaliknya. (2) Dalam menilai aspek kognitif pada instrumen penilaian terutama untuk tingkat kesukaran soal dan daya beda dari soal pilihan ganda membutuhkan waktu yang cukup lama sehingga diharapkan peneliti selanjutnya melakukan penilaian secara efektif dan efisien. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat merevisi atau mengganti item soal pada instrumen penilaian aspek kognitif yang memiliki kategori jelek sehingga item soal dapat memiliki kategori bagus atau sangat bagus sehingga soal tersebut dapat dikerjakan siswa dengan maksimal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125856

Actions (login required)

View Item View Item