Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, efikasi diri dan prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri / M. Nasikhul Basir - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, efikasi diri dan prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri / M. Nasikhul Basir

Basir, M. Nasikhul (2019) Pengaruh pengalaman praktik kerja industri, efikasi diri dan prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri / M. Nasikhul Basir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Basir M. Nasikhul. 2019. Pengaruh Pengalaman Praktik Kerja Industri Efikasi Diri dan Prestasi Belajar Mata Diklat Produktif terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Jurusan Pemasaran SMK Negeri 2 Kediri. Skripsi Jurusan Manajemen Fakutas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. Kata Kunci pengalaman praktik kerja industri efikasi diri prestasi belajar kesiapan kerja Kemajuan suatu bangsa dapat dilihat melalui kualitas sumber daya manusia yang ditandai dengan minimnya jumlah pengangguran. Sumber daya manusia dapat ditingkatkan melalui lembaga pendidikan. SMK merupakan salah satu lembaga pendidikan yang mencetak sumber daya manusia berkualitas agar siap memasuki dunia kerja. Kesiapan kerja siswa SMK dipengaruhi oleh bebrapa faktor yaitu pengalaman praktik kerja industri efikasi diri dan prestasi belajar mata diklat produktif. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui (1) deskripsi dari pengalaman praktik kerja industri efikasi diri prestasi mata diklat produktif dan kesiapan kerja (2) pengaruh pengalaman praktik kerja industri efikasi diri dan prestasi mata diklat produktif secara parsial terhadap kesiapan kerja siswa di SMK Negeri 2 Kediri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas pengalaman praktik kerja industri (X1) efikasi diri (X2) dan prestasi belajar mata diklat produktif (X3) dan variabel terikat kesiapan kerja (Y). Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengambil semua jumlah populasi sebagai sampel yaitu seluruh siswa kelas XII Jurusan Pemasaran yang berjumlah 71 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode kuesioner dan metode dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda. Hasil analisis deskriptif menunjukkan bahwa pengalaman praktik kerja industri dalam kategori sangat baik efikasi diri dalam kategori baik prestasi belajar mata diklat produktif dalam kategori baik dan kesiapan kerja dalam kategori baik. Hasil analisis regresi linier berganda menunjukkan bahwa (1) tidak terdapat pengaruh positif dan signifikan antara pengalaman praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara efikasi diri terhadap kesiapan kerja (3) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi belajar mata diklat produktif terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) bagi penanggung jawab prakerin diharapkan menjaga hubungan baik dengan pihak industri demi kenyamanan siswa dalam menjalani prakerin (2) bagi guru mata diklat produktif diharapkan dapat mempertahankan dan meningkatkan keterampilan dalam mengajar (3) bagi siswa harapannya senantiasa meningkatkan pengetahuan dengan belajar dan membiasakan diri mengelola waktu (4) bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengkaji ulang mengenai variabel lain yang dapat mempengaruhi kesiapan kerja siswa SMK.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125845

Actions (login required)

View Item View Item