Pengembangan media pembelajaran untuk mengembangkan ekspresi dan kreativitas anak melalui mewarnai gambar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game edukatif di taman kanak-kanak kelompok B / Wahyu Kurniasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran untuk mengembangkan ekspresi dan kreativitas anak melalui mewarnai gambar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game edukatif di taman kanak-kanak kelompok B / Wahyu Kurniasari

Kurniasari, Wahyu (2011) Pengembangan media pembelajaran untuk mengembangkan ekspresi dan kreativitas anak melalui mewarnai gambar dengan menggunakan multimedia interaktif berbasis game edukatif di taman kanak-kanak kelompok B / Wahyu Kurniasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci pengembangan media pembelajaran interaktif game mewarnai gambar. Kegiatan bermain pada pergantian era dari tahun ketahun ke jaman globalisasi seperti sekarang ini tidak lagi menggunakan permainan yang tradisional akan tetapi sudah mengenal teknologi yang tidak kalah canggih. Kelemahan juga kelebihan akan perkembangan teknologi sangat mempengaruhi perkembangan pendidikan saat ini. Banyak dari berbagai penelitian yang dilakukan telah menyatakan bahwa metode - metode pembelajaran saat ini sudah menggunakan teknologi. Kegiatan belajar bermain serta bekerja sarat akan teknologi. Pada dunia pendidikan teknologi merupakan media sebagai proses pembelajaran. Dimana media pembelajaran merupakan segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan (bahan pembelajaran) sehingga dapat merangsang perhatian minat pikiran dan perasaan siswa dalam kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar. Tujuan dari pengembangan ini adalah untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif yang dapat meningkatkan kreatifitas dan ekspresi anak dalam kegiatan mewarnai gambar di Taman Kanak - Kanak Kelompok B. Media pembelajaran berbasis game edukasi multimedia intreraktif yang sudah dikembangkan telah diaplikasikan di Taman Kanak - Kanak Bustanul Athfal Restu 2 Malang untuk dilakukan uji validasi sebagai evaluasi untuk proses penyempurnaan berdasarkan masukan serta saran dari ahli media ahli materi/Guru TK dan ahli pembelajaran. Setelah dilakukan uji validasi serta melalui analisis dan data evaluasi ahli media ahli materi/Guru TK dan ahli pembelajaran. Produk media pembelajaran yang dikembangkan mengalami revisi untuk sub aspek kurang layak dengan skor 50% dan saran dari ahli media ahli materi/Guru TK dan ahli pembelajaran sehingga dapat digunakan dalam proses belajar mengajar atau mandiri. Berdasar hasil penelitian di atas produk pengembangan ini dapat digunakan sebagai masukan kepada para guru instruktur dan mahasiswa/i Jurusan Seni dan Desain untuk dapat memberikan pengalaman serta menghasilkan produk yang bervariasi kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12584

Actions (login required)

View Item View Item