Ardiansyah, Ach. Dika (2020) Pengaruh hasil belajar mata pelajaran produktif dan pengalaman praktik kerja industri (prakerin) terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII bidang keahlian bisnis manajemen di SMK Negeri 1 Pasuruan / Ach. Dika Ardiansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Ardiansyah Ach. Dika. 2019. Pengaruh Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif dan Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Bidang Keahlian Bisnis Manajemen di SMK Negeri 1 Pasuruan. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Mohammad Hari M. Si. Kata Kunci Hasil Belajar Pengalaman Praktik Kerja Industri (Prakerin) dan Kesiapan Kerja Hasil belajar produktif siswa dapat dipraktikkan melalui kegiatan Praktik Kerja Industri (Prakerin). Prakerin adalah bagian dari pendidikan sistem ganda yang merupakan inovasi pendidikan SMK dimana siswa melakukan magang (apprenticeship) di industri yang relevan dengan program keahliannya selama kurun waktu tertentu. Prakerin pada umumnya dilakukan pada kelas XII. Waktu pelaksanaannya rata-rata selama tiga bulan. Selama Prakerin para siswa akan bekerja di tempat kerja yang sesungguhnya. Para siswa dapat menggunakan kegiatan Prakerin untuk melatih hard skills dan soft skills mereka di tempat kerja. Selain itu Prakerin juga dapat digunakan untuk mengintegrasikan mata pelajaran akademik yang didapat oleh siswa dalam kegiatan belajar di sekolah dengan keterampilan yang dibutuhkan dalam pekerjaan. Peneliti ini menggunakan penelitian pendekatan kuantitatif dengan melihat hubungan variabel terhadap objek yang diteliti dengan hubungan sebab akibat sehingga ada variabel bebas dan variabel terikat. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 1 Pasuruan berjumlah 203 dengan sampel sebesar 134 siswa yang dapat melaluli rumus Slovin dalam Indrawati. Teknik sampling menggunakan Proportionate Random Sampling. Sumber data diperoleh dari data primer yang berasal dari responden dan data sekunder berasal dari nilai raport semester genap siswa SMK Negeri 1 Pasuruan. Teknik pengumpulan data menggukan kuesioner dan nilai raport siswa. Uji kelayakan instrument dilakukan uji validitas dan reliabilitas dengan membagikan kuesioner pada 30 responden diluar sampel penelitian. Teknik analisis menggunakan teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Analisis data dalam statistik inferensial pada penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda. Sebelum melakukan analisi regresi linier berganda dilakukan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas uji heteroskedastisitas dan uji multikolinearitas. Hasil analisis statistik deskriptif menunjukkan (1) variabel Hasil Belelajar Mata Pelajaran Produktif Pengalaman Prakerin dan Kesiapan Kerja termasuk dalam kategori yang baik. (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan Hasil Belajar terhadap Kesiapan Kerja (3) Secara parsial kajian ini membuktikan bahwa pengalaman Prakerin memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan (1) Pengalaman Prakerin hendaknya semakin ditingkatkan melalui implementasi Prakerin yang efisien dan efektif terutama dengan membekali pengetahuan siswa mengenai mata pelajaran produktif yang langsung berhubungan dengan implikasinya di lapangan. Hal ini karena dalam penelitian ini menemukan bahwa kesepadanan teori dan praktik masih mendapatkan sekor rendah jika dibandingkan dengan skor pernyataan pengalaman Prakerin yang lain. (2) Hasil belajar kognitif meskipun memiliki pengaruh positif tetapi tidak signifikan. Oleh karena itu disarankan bagi lembaga pendidikan untuk lebih mempertajam penyampaian teori yang implikatif lagi supaya pembelajaran di kelas juga mampu memberikan kontribusi bagi siswa dalam menyiapkan diri untuk bekerja. Hal ini bisa dilakukan melalui modifikasi metode pembelajaran yang tidak hanya dengan menerapkan metode ceramah atau diskusi tetapi mengelaborasikan dengan metode lain seperti metode cooperative learning problem-based learning atau blended learning. Dengan demikian proses pembelajaran teori akan sekaligus mengasah kesiapan psikis siswa dalam menghadapi dunia kerja.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/125838 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |