Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis guide inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Andre Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis guide inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Andre Kurniawan

Kurniawan, Andre (2020) Pengembangan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis guide inquiry untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa di SMK Muhammadiyah 2 Malang / Andre Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan dan mengetahui kelayakan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis Guide Inquiry melalui validasi ahli dan selanjutnya akan digunakan oleh peserta didik kelas X Program keahlian Bisnis Daring dan Pemasaran. (2) Mengetahui aktivitas belajar siswa setalah menggunakan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis Guide Inquiry (3) Mengetahui hasil belajar siswa setalah menggunakan modul pembelajaran komunikasi bisnis berbasis Guide Inquiry (4) Mengetahui perbedaaan aktivitas belajar antara peserta didik kelas kontrol dengan peserta didik kelas eksperimen (5) Mengetahui perbedaaan hasil belajar antara peserta didik kelas kontrol dengan peserta didik kelas eksperimen. Hasil validasi dan uji coba kelompok kecil pada penelitian dan pengembangan ini yaitu persentase validasi penilaian oleh ahli modul sebesar 93 05% validasi ahli materi sebesar 96 05% uji coba kelompok kecil sebesar 90 28% . Dari hasil validasi dan uji coba kelompok kecil tersebut menunjukkan kriteria ldquo sangat layak rdquo . Sedangkan untuk hasil analisis uji paired sample test menunjukkan nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 lt 0 05 hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata antara aktivitas dan hasil belajar siswa sebelum dan setelah menggunakan modul pembelajaran komunikasi bisnis. Saran yang diberikan peneliti berkaitan dengan pengembangan Modul Pembelajaran Komunikasi Bisnis Berbasis Guide Inquiry adalah (1) Saran bagi guru adalah agar menggunakan Modul Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Guided Inquiry dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Hal ini dikarenakan modul dapat mengembangkan kemampuan berpikir siswa. Modul yang dikembangkan oleh peneliti ini mendorong siswa untuk mencari dan menemukan sendiri konsep dari topik yang dipelajari (2) Saran bagi siswa adalah agar menggunakan Modul Mata Pelajaran Komunikasi Bisnis Berbasis Guided Inquiry sebagai salah satu sumber belajar. Modul hasil pengembangan ini disarankan untuk dipelajari di rumah tujuannya agar dalam proses pembelajaran di kelas siswa lebih siap dan matang karena telah memahami materi yang akan dipelajari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125831

Actions (login required)

View Item View Item