Peningkatan kemampuan menggambar bentuk melalui model learning cycle pada kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso / Iswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menggambar bentuk melalui model learning cycle pada kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso / Iswanto

Iswanto (2011) Peningkatan kemampuan menggambar bentuk melalui model learning cycle pada kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso / Iswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Kemampuan menggambar bentuk Model Learning Cycle SMP. Pengamatan terhadap karya gambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso menunjukkan bahwa kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi masih perlu ditingkatkan. Akar permasalahan terletak pada proses pembelajaran yang lebih banyak menggunakan metode ceramah demonstrasi dan penugasan penilaian lebih mengutamakan hasil akhir tanpa mengamati mulai dari tahap persiapan dan proses pembuatan. Akibatnya adalah kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi tidak maksimal dan hasil karya menggambar bentuk juga tidak maksimal. Kondisi ini perlu diperbaiki dengan menerapkan model Learning Cycle. Masalah yang dirumuskan dalam peneletian ini yaitu (1) Bagaimana penerapan model Learning Cycle sebagai upaya meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMP Negeri 1 Wringin Bondowoso (2) Sejauh mana penerapan model Learning Cycle dapat meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMP Negeri 1 Wringin Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso melalui model Learning Cycle. Untuk itu dirancang model Learning Cycle melalui Penelitian Tindakan Kelas terdiri dari 4 tahapan yaitu (1) Perencanaan (planning) meliputi penyusunan RPP LKS Media Pembelajaran Instrumen Penelitian (2) Tindakan (acting) dengan menerapkan model Learning Cycle yang terdiri dari fase Identification Engagement Exploration Explaination Elaboration dan Evaluation (3) Pengamatan (observing) dilakukan bekerja sama dengan observer untuk mengamati aktivitas guru aktivitas siswa penilaian produk dan wawancara dengan siswa-siswi dan (4) Refleksi (reflecting) dengan melakukan analisa dan interpretasi terhadap hasil observasi penilaian produk dan wawancara. Hasil refleksi digunakan untuk pertimbangan perbaikan pembelajaran pada siklus berikutnya hingga terjadi peningkatan kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMPN 1 Wringin Bondowoso dengan mencapai ketuntasan belajar menggambar bentuk secara individu dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan kemampuan menggambar bentuk siswa-siswi kelas VIII E SMPN 1 Wringin - Bondowoso melalui model Learning Cycle. Peningkatan itu diketahui dari hasil penilaian produk menggambar bentuk tiap siklus dan dibandingkan dengan siklus berikutnya hingga mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) untuk mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 1 wringin yaitu KKM individu ditentukan 65 dan KKM kelas ditentukan 75. Setelah siswa-siswi mengikuti pembelajaran menggambar bentuk melalui model Learning Cycle ketuntasan individu dari 27% pada pra siklus meningkat 31 5% menjadi 58 5% pada siklus 1 dan meningkat 41 5% pada siklus 2 yang berarti sudah mencapai ketuntasan individu 100%. Nilai rata-rata kelas pada pra siklus yaitu 55 2 menjadi 74 1 pada siklus 1. Terjadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 1 yaitu sebesar 34 03%. Nilai rata-rata kelas pada siklus 2 yaitu 81 6. Terjadi peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 yaitu sebesar 10 28%. Jadi peningkatan dari pra siklus ke siklus 2 yaitu sebesar 44 30%. Penerapan model Learning Cycle menuntut guru Mata Pelajaran Seni Budaya memiliki ketrampilan pembelajaran yang baik penguasaan bahan ajar kreativitas dalam merancang langkah-langkah pembelajaran yang terencana dan terorganisir serta menuntut kesungguhan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran hendaknya dipandang sebagai sebuah tantangan profesionalisme guru untuk selalu berkembang dalam melayani pendidikan anak-anak bangsa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12583

Actions (login required)

View Item View Item