Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA MA'arif NU Blitar / Ajeng Pratiwi

Pratiwi, Ajeng (2019) Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas XI IPA MA MA'arif NU Blitar / Ajeng Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Pratiwi, Ajeng. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Problem Based learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI IPA MA Maarif NU Blitar. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dra. Sunarmi, M. Pd. Kata Kunci: Problem Based Learning, Keterampilan Berpikir Kritis Abad 21 merupakan era globalisasi yang mempengaruhi perubahan pada masyarakat terhadap gaya hidup, pekerjaan, pendidikan, dan untuk mengevaluasi informasi. Adanya perubahan tersebut menuntut seseorang untuk memiliki keterampilan berpikir kritis sehingga mampu beradaptasi dan menghadapi pengaruh global pada abad 21. Didukung hasil observasi pada siswa kelas XI IPA MA Ma’arif NU Blitar diketahui bahwa pembelajaran masih cenderung teacher centered dan keterampilan berpikir kritis siswa rendah. Beberapa hasil penelitian menunjukkan model pembelajaran Problem Based Learning mampu meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis siswa. Penerapan model Problem Based Learning ini belum pernah diterapkan dalam pembelajaran biologi di MA Ma’arif NU Blitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di MA Ma’arif NU Blitar dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 yang berjumlah 36 siswa perempuan. Data penelitian berupa hasil keterlaksanaan pembelajaran dan hasil keterampilan berpikir kritis. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa meningkat. Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru memperoleh persentase 87% pada siklus I menjadi 96% pada siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa memperoleh persentase 78% pada siklus I menjadi 95% pada siklus II. Hasil keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh persentase 63% pada siklus I menjadi 90% pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas maka dapat disimpulkan bahwa keterlaksanaan model pembelajaran PBL meningkat dari siklus I ke siklus II. Model pembelajaran PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah diharapkan guru dapat menerapkan model PBL dalam pembelajaran biologi selanjutnya, guru juga perlu menyediakan media pembelajaran bagi siswa dan guru diharapkan meningkatkan kemampuan pengelolaan kelas dan memberi perhatian pada siswa agar pembelajaran kondusif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125828

Actions (login required)

View Item View Item