Kegiatan berkarya seni rupa dalam pembelajaran di Sanggar menggambar fantasy kota Malang / Ratih Purwoningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Kegiatan berkarya seni rupa dalam pembelajaran di Sanggar menggambar fantasy kota Malang / Ratih Purwoningsih

Purwoningsih, Ratih (2011) Kegiatan berkarya seni rupa dalam pembelajaran di Sanggar menggambar fantasy kota Malang / Ratih Purwoningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Pembelajaran Sanggar Menggambar Fantasy Malang Tak sedikit prestasi yang dicapai murid-murid sanggar menggambar Fantasy baik dalam perlombaan mewarna ataupun menggambar. Dimungkinkan strategi atau metode pelaksanaan pembelajaran digabung antara pembelajaran formal dan non formal karena semua pembina memiliki latar belakang pendidikan seni rupa. Hal inilah yang menjadi dasar penelitian menggapa murid di sanggar ini sering mendapat juara dalam perlombaan. Jenis kegiatan pembelajaran seperti apa yang digunakan disanggar menggambar Fantasy. Berdasarkan uraian di atas peneliti ingin melakukan penelitian mengenai pembelajaran yang diterapkan di sanggar menggambar Fantasy hingga menghasilkan ribuan juara dalam perlombaan mewarna atau menggambar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran yang digunakan di sanggar menggambar Fantasy diantaranya berupa perencanaan pembelajaran media pembelajaran dan metode pembelajaran pelaksanaan evaluasi faktor-faktor yang mempengaruhi pembelajaran. Jenis dan pendekatan penelitian menggunakan diskriptif kualitatif dengan pengambilan data yang digunakan meliputi wawancara observasi dan dokumentasi. Data-data yang diperoleh akan dianalisis bersamaan dengan proses pengumpulan data. Adapun keabsahan data dicapai dengan cara trianggulasi reduksi data paparan data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Berdasarkan hasil data yang dikumpulkan maka diperoleh temuan penelitian sebagai berikut di sanggar menggambar Fantasy ini tidak memiliki perencanaan pembelajaran yang tertulis secara jelas. Metode pembelajaran yang digunakan di sanggar menggambar Fantasy adalah metode mencontoh metode meniru metode dikte dan metode drill. Metode yang digunakan disesuaikan dengan tujuan didirikannya sanggar menggambar Fantasy yakni menciptakan murid yang berbakat dan berprestasi dalam dunia seni baik didalam kota maupun diluar kota. Terdapat dua jenis media pembelajaran yang digunakan yakni media cetak dan media papan pajang. Media yang digunakan dalam berkarya terdiri dari krayon merk titi dan caran dache kuas sapu tanggan handuk pensil kaca pensil 2B buku gambar A3/A4 penghapus krayon merk faber castell stabillo gel gliter spidol hitam kecil putih emas perak fixsatif map plastic file gambar. Dalam proses mewarna pembina biasa mengajarkan bermacam-macam teknik diantaranya teknik blocking (blok) teknik grafito teknik gradasi teknik dusting. Di setiap akhir kegiatan pembelajaran pembina melakukan evaluasi terhadap hasil karya masing-masing murid mulai dari segi goresan pewarnaan komposisi bentuk dan komposisi warna. Saran yang diajukan baik bagi pembina sanggar maupun orang tua murid hendaknya jangan menilai karya dari segi bagus secara visual. karena jika hal ini terus-menerus terjadi secara tidak langsung akan mematikan kreatifitas berekspresi murid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12580

Actions (login required)

View Item View Item