Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa MA Al Maarif Singosari / Hosniyah

Hosniyah (2019) Penerapan model pembelajaran discovery learning dengan bantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa MA Al Maarif Singosari / Hosniyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hosniyah. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Bantuan Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Biologi Siswa MA Al Maarif Singosari. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Prof. Dra. Herawati Susilo, M.Sc., Ph.D., (2) Ir. Nugrahaningsih, M.P. Kata Kunci: Discovery Learning, hasil belajar biologi, keterampilan berpikir kreatif, mind map. Kurikulum 2013 menekankan pada proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, salah satu model pembelajaran yang disarankan adalah Discovery Learning. Discovery Learning merupakan proses pembelajaran yang menitik beratkan pada mental intelektual siswa dalam memecahkan masalah dari berbagai persoalan yang dihadapi, sehingga menemukan suatu konsep yang dapat diterapkan di lapangan. Model Discovery Learning juga mengembangkan kemampuan siswa dalam hal sikap sosial dan keterampilan melalui kegiatan belajar kooperatif (berkelompok). Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas X MIA 1 MA Al Maarif Singosari bahwa kurikulum 2013 masih belum diterapkan secara menyeluruh di kelas, termasuk juga keterampilan abad 21 yaitu keterampilan berpikir kreatif. Keterampilan berpikir kreatif perlu dikembangkan guna membantu siswa dalam memecahkan permasalahan dan mencari alternatif pemecahan masalah, sehingga hasil belajar yang diharapkan dapat tercapai secara maksimal. Penggunaan alat bantu seperti mind map dapat membantu siswa dalam meningkatkan pemahaman terhadap materi yang sedang dipelajari. Mind map merupakan metode mencatat kreatif yang memudahkan seseorang dalam mengingat dan memahami banyak informasi. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan tindakan-tindakan yang tepat dengan menerapkan model pembelajaran Discovery Learning dengan bantuan mind map untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa MA Al Maarif Singosari. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini berlangsung selama 2 siklus. Tahapan dalam masing-masing siklus terdiri atas tiga tahap, yakni perencanaan (planning), tindakan (acting) diikuti pengamatan (observation), dan refleksi (reflection). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes. Observasi digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kreatif dan keterlaksanaan sintaks oleh guru dan siswa, sedangkan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tindakan-tindakan seperti pemberian stimulus, membiasakan siswa untuk bekerja kelompok agar siswa berperan aktif dalam diskusi kelompok melalui tahap pemberian materi belajar, membimbing siswa dalam membuat mind map, membiasakan siswa untuk selalu bertukar pengetahuan, membimbing siswa untuk mengembangkan keterampilannya pada tahap pembuatan mind map, membimbing siswa untuk mempresentasikan hasil diskusinya, serta membimbing siswa untuk memiliki sikap disiplin dan tanggung jawab dalam berdiskusi kelompok, merupakan tindakan yang dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa, terbukti dengan meningkatnya persentase ketercapaian keterampilan berpikir kreatif siswa dari siklus I yaitu 72.2% ke siklus II 85.7%, serta meningkatkan hasil belajar biologi siswa dari siklus I ke siklus II yaitu N-gain 0.78 untuk siklus I dan N-gain 0.81 untuk siklus II. Disimpulkan bahwa model pembelajaran Discovery Learning dengan bantuan mind map dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah pembelajaran menggunakan model Discovery Learning dengan bantuan mind map pada materi keanekaragam tumbuhan dan keanekaragaman hewan dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran di kelas X MIA 1 MA Al Maarif Singosari karena dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar biologi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125793

Actions (login required)

View Item View Item