Pengembangan panduan praktikum simplisia kering berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aspek psikomotor dan keterampilan berpikir kritis siswa SMK Farmasi Maharani Kota Malang / Luthfianti Fanani

Fanani, Luthfianti (2019) Pengembangan panduan praktikum simplisia kering berbasis inkuiri terbimbing untuk meningkatkan aspek psikomotor dan keterampilan berpikir kritis siswa SMK Farmasi Maharani Kota Malang / Luthfianti Fanani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fanani, Luthfianti. 2018. Pengembangan Panduan Praktikum Simplisia Kering Berbasis Inkuiri untuk Meningkatkan Aspek Psikomotor dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMK Farmasi Maharani Kota Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Sri Endah Indriwati, M. Pd (II) Dr. Sulisetijono, M. Si. Kata Kunci: Panduan praktikum, inkuiri, aspek psikomotorik, berpikir kritis, siswa SMK Farmasi. Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan diantaranya dengan melaksanakan proses pendidikan yang sesuai dengan arahan Kurikulum 2013 (K13). pelaksanakan pembelajaran sesuai dengan tuntutan KD, menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan pendekatan ilmiah, mengembangkan bahan ajar yang relevan dan dapat meningkatkan motivasi siswa, serta dapat melatih siswa mengembangkan Keterampilan Abad 21 seperti keterampilan berpikir kritis. Berdasarkan hasil observasi dan angket kebutuhan menunjukkan bahwa pembelajaran di SMK Farmasi Maharani khususnya mata pelajaran Farmakognosi belum sesuai standar K13 dan keterampilan berpikir kritis, hal ini ditunjukkan oleh pembelajaran yang masih konvensional, tidak ada praktikum, serta bahan ajar yang kurang memadai sehingga potensi siswa kurang tergali dan kurang menunjang keahliannya. Padahal aspek seperti keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan siswa dalam kontribusi siswa di masyarakat dan kemampuan keahlian seperti aspek psikomotor diperlukan ketika memasuki dunia kerja yang keduanya dapat tercapai jika pembelajaran sesuai dengan standar K13 dan Keterampilan Abad 21. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan melakukan penelitian dan pengembangan untuk menyusun bahan ajar berupa panduan praktikum yang diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar yang praktis, valid, dan efektif serta bermanfaat bagi siswa dalam menguasai kompetensi yang bersifat praktik untuk meningkatkan aspek psikomotor dan keterampilan berpikir kritis siswa pada jenjang SMK Farmasi. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan ADDIE untuk mengembangkan panduan praktikum dengan berbasis inkuiri terbimbing. Populasi alam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X dan XI SMK Farmasi Maharani. Sampel dilakukan pada 3 kelas meliputi kelas X, XI-A dan XI-B dengan total 80 orang siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket, lembar observasi, dan tes. Hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh persentase validitas sebesar 100% dari ahli materi dengan kategori sangat valid, persentase sebesar 100% dari ahli media dengan kategori sangat valid, hasil validasi praktisi lapangan sebesar 96,2% dengan kategori sangat valid, dan uji keterbacaan berdasarkan angket respon siswa sebesar 81,64% dengan kategori yang sama yakni sangat valid dan layak digunakan. Keefektifan produk diukur dengan menggunakan n-gain dengan indeks 0,64 dengan kategori sedang. Hasil uji coba berupa penilaian keterampilan berpikir kritis memperoleh skor 72% pada kelas X, 75% kelas XI-A, dan 66% kelas XI-B dengan kategori sedang. Hasil uji coba berupa aspek psikomotorik sebesar 93% pada kelas X, 84% pada kelas XI-A dan 91% pada kelas XI-B. Produk yang telah dikembangkan adalah panduan praktikum simplisia kering sebagai salah satu bahan ajar bagi siswa SMK Farmasi Maharani Malang kelas X dan XI. Panduan praktikum yang dikembangkan berupa bahan ajar yang untuk menyampaikan materi dalam pembelajaran praktikum dan memiliki wujud akhir dalam berbentuk cetakan. Panduan praktikum yang dikembangkan terdiri atas 135 halaman. Produk telah melewati tahapan validasi dan uji coba skala kecil dengan hasil yang sangat valid dan layak digunakan.  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125792

Actions (login required)

View Item View Item