Hubungan penguasaan materi cetak saring dengan kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII SMPN 17 Malang / Dika Purna Nugraha - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan penguasaan materi cetak saring dengan kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII SMPN 17 Malang / Dika Purna Nugraha

Nugraha, Dika Purna (2011) Hubungan penguasaan materi cetak saring dengan kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII SMPN 17 Malang / Dika Purna Nugraha. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci Penguasaan Psikomotor Sablon SMP Materi cetak saring diberikan pada siswa agar siswa dapat memahami dasar-dasar teori cetak saring dalam mata pelajaran Sablon. Adanya keterkaitan antara materi cetak saring yang menunjukkan bahwa penguasaan materi cetak saring merupakan salah satu modal untuk mempelajari mata pelajaran sablon. Oleh karena itu penguasaan materi cetak saring mempunyai peranan yang kuat sebagai awal agar dapat secara langsung meningkatkan kemampuan psikomotor siswa tidak hanya dalam berkarya namun juga mengingkatkan penggunaan indra dalam melakukan kegiatan kesiapan mental dan emosi serta melatih kreatifitas siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Penguasaan Materi Cetak Saring Terhadap Kemampuan Motorik Pada Mata Pelajaran Sablon Siswa Kelas VIII SMP N 17 Malang. Variabel bebas penelitian ini adalah cetak saring (X) dengan sub variabelnya berupa penguasaan materi cetak saring dan variabel terikatnya berupa psikomotor (Y) dengan sub variabelnya berupa kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII. Rancangan penelitian yang digunakan adalah rancangan deskriptif korelasional dengan pemilihan sample menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis prosentase dan korelasi product moment dari Karl Pearson. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 81 siswa yang diambil dari populasi siswa kelas VIII B VIII C VIII D dan VIII E di SMP N 17 Malang. Hasil dari penelitian menunjukkan hal-hal berikut (1) penguasaan materi cetak saring siswa termasuk pada kategori tinggi (32%) (2) kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa termasuk pada kategori tinggi (36%) dan (3) ada hubungan yang signifikan antara variabel cetak saring (penguasaan) terhadap kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII (r hitung 0 705 r tabel dengan N 81 Sig. 5% 0 181). Maka dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara variabel cetak saring (penguasaan) terhadap kemampuan psikomotor pada mata pelajaran sablon siswa kelas VIII. Sehingga penulis menyarankan agar guru pendidik berinovasi lebih baik lagi guna meningkatkan kualitas pembelajaran dengan cara meningkatkan penguasaan materi dan penguasaan psikomotor kepada para siswanya dalam mengikuti mata pelajaran Sablon caranya dengan memberikan dasar materi cetak saring yang baik sehingga ketika berkarya siswa tidak mengalami kesulitan. Selain itu guru pengajar juga hendaknya mendampingi keika siswa sedang berkarya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Jan 2011 04:29
Last Modified: 09 Sep 2011 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12577

Actions (login required)

View Item View Item