Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital untuk mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Hendrik Kiswanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital untuk mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Hendrik Kiswanto

Kiswanto, Hendrik (2010) Pengembangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital untuk mata pelajaran seni budaya bidang seni rupa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang / Hendrik Kiswanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci pengembangan media pembelajaran buku paket digital Seni Budaya Seni Rupa. Perkembangan teknologi yang begitu pesat telah menciptakan berbagai media pembelajaran baru yang dianggap lebih menunjang proses pembelajaran. Salah satu hal yang menunjang proses pembelajaran adalah adanya sumber belajar yang mendukung. Seni rupa sebagai salah satu bidang dalam mata pelajaran Seni Budaya memiliki peranan sendiri dalam mengembangkan sensitivitas dan kretivitas perlu media yang lebih mendukung untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Dalam observasi yang dilakukan di SMP Negeri 01 Malang ditemukan bahwa terdapat masalah kurangnya pemahaman siswa dari penjelasan guru Seni Budaya karena metode yang digunakan masih terbatas pada metode konvensional yakni ceramah. Perihal penggunaan media pembelajaran pun masih terbatas pada contoh-contoh gambar serta bahan ajar yang dikembangkan sendiri oleh guru Seni Budaya. Oleh karena itu guna meningkatkan kualitas pembelajaran maka diupayakan mengembangkan sebuah media yang dapat membantu peserta didik untuk dapat memahami esensi materi Seni Budaya bidang Seni Rupa. Pengembangan ini dilaksanakan dengan tujuan mengembangkan dan menghasilkan suatu rancangan media pembelajaran dalam bentuk buku paket digital sebagai sumber belajar diujicobakan keefektifan prototype-nya untuk siswa kelas VIII dalam mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa di SMP Negeri 01 Malang. Model pengembangan yang digunakan adalah model pengembangan hasil adaptasi dari model pengembangan milik Sadiman. Subjek uji coba media pembelajaran ini adalah seorang ahli media pembelajaran selaku validator media seorang ahli materi yaitu guru mata pelajaran Seni Budaya di SMP Negeri 01 Malang dan responden yang terdiri dari siswa kelas VIII yang dipilih secara acak. Instrumen dalam penelitian pengembangan ini adalah format penilaian berupa angket. Hasil pengembangan media pembelajaran ini berupa satu keping CD berisi buku paket digital yang memuat mata pelajaran Seni Budaya bidang Seni Rupa cakupan semester satu. Hasil uji coba produk dalam pengembangan media ini berupa data kuantitatif dengan prosentase ahli media mencapai tingkat kevalidan 91% ahli materi mencapai tingkat kevalidan 97% dan uji kelompok kecil mencapai tingkat kevalidan 95%. Berdasarkan hasil pengembangan media pembelajaran ini dapat disarankan untuk dimanfaatkan secara maksimal baik oleh siswa dan guru Seni Budaya terkait dan untuk pengembang selanjutnya agar memaksimalkan esensi materi daripada visualisasi media demi menghindari efek redudansi agar tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Oct 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12570

Actions (login required)

View Item View Item