Pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (The Influence of sketches drawing ability to the achievement of shape drawing in VII grade of SMP 1 Jetis Ponorogo) / Lisa Sidyawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (The Influence of sketches drawing ability to the achievement of shape drawing in VII grade of SMP 1 Jetis Ponorogo) / Lisa Sidyawati

Sidyawati, Lisa (2010) Pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo (The Influence of sketches drawing ability to the achievement of shape drawing in VII grade of SMP 1 Jetis Ponorogo) / Lisa Sidyawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sidyawati Lisa. 2010. Pengaruh Kemampuan Menggambar Sketsa terhadap Prestasi Menggambar Bentuk pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo. Skripsi Jurusan Seni dan Desain Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Triyono Widodo M.Sn (2) Drs. Andi Harisman Kata kunci Kemampuan menggambar sketsa prestasi menggambar bentuk Dalam suatu proses menggambar hendaknya harus diperhatikan berbagai faktor yang mempengaruhi kegiatan menggambar. Faktor yang penting yang biasa tidak diperhatikan antara lain adalah menggambar sketsa. Menggambar sketsa adalah sebuah media latihan tahap awal yang bertujuan untuk melatih gerak-gerak otot tangan untuk menggambar sesuai dengan kehendak hatinya. Dalam pendidikan menggambar sekarang ini menggambar sketsa merupakan sebuah materi sampingan yang lebih mengutamakan pokok mata pelajaran menggambar lainnya seperti menggambar bentuk menggambar model menggambar ilustrasi dan sebagainya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa jauh pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Jetis Ponorogo pada siswa kelas VII. Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan teknik purposive sampel dan sampel yang diambil sebanyak 60 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua variabel utama yaitu kemampuan menggambar sketsa sebagai variabel bebas terhadap prestasi menggambar bentuk sebagai variabel terikat. Selain itu kemampuan menggambar sketsa sebagai variabel bebas terhadap variabel terikat yang terdiri dari kemampuan membuat spontanitas garis kemampuan membuat kemiripan bentuk kemampuan mengkomposisi objek kemampuan menggunaan garis sedangkan prestasi menggambar bentuk sebagai variabel bebas terhadap variabel terikat antara lain kemampuan membuat kemiripan bentuk kemampuan membuat proporsi kemampuan membuat komposisi kemampuan membuat bayangan benda. Pengumpulan data dengan metode test. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik regresi sedangkan untuk mencari koefisien korelasi menggunakan rumus product moment. Hasil analisis statistik menyatakan bahwa prestasi menggambar bentuk dipengaruhi oleh kemampuan menggambar sketsa sebesar 0 456 dan kontribusi kemampuan memggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk sebesar 19 6% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Bagian dari kemampuan menggambar sketsa yang paling berpengaruh adalah spontanitas garis sebesar 23 6% dan kontribusinya terhadap prestasi menggambar bentuk adalah 10% sedangkan spontanitas garis sendiri sangat mempengaruhi proporsi pada prestasi menggambar bentuk sebesar 31 1% dan kontribusinya sebesar 8 9%. Sehingga dari hasil diatas dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk. Karena hipotesis yang menyatakan tidak adanya pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk ditolak dan hipotesis yang menyatakan ada pengaruh kemampuan menggambar sketsa terhadap prestasi menggambar bentuk diterima. Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat untuk memberikan masukan data yang telah dianalisis secara statistik sebagai bahan pertimbangan dalam program pengajaran yang telah lanjut dan menambah khasanah ilmu pengetahuan khususnya seni rupa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar terutama disekolah yang bersangkutan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12566

Actions (login required)

View Item View Item