Pengembangan buku mewarnai untuk anak usia TK berbasis seni budaya lokal wayang dengan tokoh Hanoman / Moh. Totok Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan buku mewarnai untuk anak usia TK berbasis seni budaya lokal wayang dengan tokoh Hanoman / Moh. Totok Hartono

Hartono, Moh. Totok (2010) Pengembangan buku mewarnai untuk anak usia TK berbasis seni budaya lokal wayang dengan tokoh Hanoman / Moh. Totok Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hartono Mohammad Totok. 2010. Pengembangan Buku Mewarnai Untuk Anak Usia TK Berbasis Seni Budaya Lokal Wayang Dengan Tokoh Hanoman. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M.Pd (II) Drs. Andi Harisman. Kata Kunci Pengembangan buku mewarnai seni budaya lokal. Pengembangan merupakan salah satu metode penelitian yang memuat butir-butir model pengembangan prosedur pengembangan dan uji coba produk. Tujuan pengembangan buku mewarnai ini adalah untuk melestarikan dan menanamkan rasa cinta sejak dini terhadap seni budaya lokal wayang khususnya Hanoman kepada anak-anak usia dini/TK. Buku mewarnai merupakan salah satu media pembelajaran bagi anak-anak usia dini/TK. Buku mewarnai dengan tema kebudayaan yang terkandung didalamnya dapat memberikan informasi kepada anak tentang budaya. Dalam pengembangan ini seni budaya lokal wayang khususnya tokoh Hanoman digunakan untuk menunjukkan kepada anak tentang salah satu budaya lokal di Indonesia. Sehingga anak dapat mengenal budayanya sendiri dengan baik. Hanoman dalam pewayangan Jawa merupakan putera Bhatara Guru Hanoman menjadi murid dan anak angkat Bhatara Bayu. Hanoman sendiri merupakan tokoh lintas generasi sejak zaman Rama sampai zaman Jayabaya Model pengembangan ini merupakan model pengembangan prosedural yang menerangkan langkah-langkah yang dilakukan untuk menghasilkan produk. Diawali dari studi pustaka survei lapangan penyusunan draf produk buku dilanjutkan dengan uji kelayakan konseptual. Hasil dari pengembangan ini menunjukkan bahwa produk buku mewarnai yang telah dibuat cukup layak untuk digunakan dalam pembelajaran. Wujud produk pengembangan buku terdiri atas 10 halaman dengan warna dominan kuning. Warna kuning dipilih karena warna tersebut merupakan salah satu warna yang menarik bagi anak- anak. Untuk penjabaran produk buku mewarnai hasil pengembangan adalah sebagai berikut (1) sampul depan (2) deskripsi singkat tentang Hanoman (3) judul (4) bagian dalam (5) editorial (6) kata pengantar (7) daftar isi (8) petunjuk mewarnai (9) halaman vi (10) menggambar (11) makan apel (12) bermain gelembung sabun (13) bermain di tepi pantai (14) bermain sepak bola (15) bermain layang-layang (16) memancing (17) menyiram bunga (18) bermain scooter (19) menyapu halaman (20) tentang riwayat pengembang (21) sampul belakang. Pengembangan ini merupakan langkah awal dari upaya penulis untuk mengembangkan buku mewarna dengan muatan budaya lokal untuk anak-anak. Berdasarkan pengembangan ini dapat disarankan untuk pengembangan selanjutnya terutama yang berkaitan dengan media buku mewarnai bagi anak TK agar memasukkan unsur budaya lokal dalam produk yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12564

Actions (login required)

View Item View Item