Studi tentang minat dan sikap belajar siswa kelas VIII reguler, RSBI dan akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) di SMP Negeri 1 Malang / Triano Nanda Setiabudi - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tentang minat dan sikap belajar siswa kelas VIII reguler, RSBI dan akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) di SMP Negeri 1 Malang / Triano Nanda Setiabudi

Setiabudi, Triano Nanda (2010) Studi tentang minat dan sikap belajar siswa kelas VIII reguler, RSBI dan akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) di SMP Negeri 1 Malang / Triano Nanda Setiabudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nanda Setiabudi Triano. 2010. Studi Tentang Minat dan Sikap Belajar Siswa Kelas VIII Reguler RSBI dan Akselerasi Terhadap Mata Pelajaran Seni Budaya (seni rupa) di SMP Negeri 1 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Iriaji M. Pd. (II) Drs. Ponimin M. Hum. Kata Kunci Minat sikap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) SMP Negeri 1 Malang Minat merupakan suatu keadaan dimana seseorang mempunyai perhatian terhadap sesuatu yang disertai dengan keinginan untuk mengetahui dan mempelajari sesuatu. Sikap merupakan suatu bentuk evaluasi atau reaksi perasaan mendukung atau menolak terhadap sesuatu sehingga timbul derajat efek positif atau negatif. Berdasarkan pengamatan dilapangan terdapat kecenderungan bahwa mata pelajaran seni budaya (seni rupa) kurang diperhatikan siswa sehingga dapat mempengaruhi prestasi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) minat belajar siswa kelas VIII Reguler terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 2) minat belajar siswa kelas VIII RSBI terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 3) minat belajar siswa kelas VIII Akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 4) sikap belajar siswa kelas VIII Reguler terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 5) sikap belajar siswa kelas VIII RSBI terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 6) sikap belajar siswa kelas VIII Akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 7) perbandingan/ perbedaan minat belajar siswa kelas VIII Reguler RSBI dan Akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) 8) perbandingan/ perbedaan sikap belajar siswa kelas VIII Reguler RSBI dan Akselerasi terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dalam pengumpulan data menggunakan angket terstruktur. Sedangkan dalam teknik analisis data menggunakan teknik prosentase. Populasinya adalah siswa SMP Negeri 1 Malang. Sampel dilakukan secara purposive sample (sampel pertimbangan) pada kelas VIII SMP Negeri 1 Malang yang berjumlah 275 siswa selanjutnya dilakukan sampel kelas dengan cara random sampling (secara acak) dengan mengambil sebagian siswa dari pola pembelajaran/ kelas VIII Reguler kelas VIII RSBI dan kelas VIII Akselerasi. Jadi jumlah keseluruhan sampel 90 siswa. Hasil penelitian tentang minat dan sikap siswa terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) adalah dengan prosentase lebih dari separuh (68 8 %) siswa kelas VIII Reguler memiliki tingkat minat belajarnya tinggi pada prosentase sebagian besar (86 4 %) siswa kelas VIII RSBI memiliki tingkat minat belajarnya tinggi dalam prosentase sebagian besar (85 7 %) siswa kelas VIII Akselerasi memiliki tingkat minat belajarnya tinggi dengan prosentase kurang dari separuh (46 9 %) siswa kelas VIII Reguler memiliki tingkat sikap belajarnya tinggi dalam prosentase lebih dari separuh (79 5 %) siswa kelas VIII RSBI memiliki tingkat sikap belajarnya tinggi pada prosentase lebih dari separuh (78 6 %) siswa kelas VIII Akselerasi memiliki tingkat sikap belajarnya tinggi kemudian dengan prosentase sebagian besar (80 0 %) siswa kelas VIII Reguler VIII RSBI dan VIII Akselerasi memiliki tingkat minat belajarnya tinggi dalam prosentase lebih dari separuh (67 8 %) siswa kelas VIII Reguler VIII RSBI dan VIII Akselerasi memiliki tingkat sikap belajarnya tinggi. Berdasarkan pada analisis data dapat diambil kesimpulan bahwa tingkat minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) tinggi dan tingkat sikap belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Malang terhadap mata pelajaran seni budaya (seni rupa) tinggi. Dapat disarankan dari hasil penelitian ini agar sebagai seorang guru hendaknya perlu menggali dan meningkatkan keprofesionalannya dalam membimbing mengarahkan dan tentunya meningkatkan minat dan sikap belajar siswa terhadap mata pelajaran seni budaya untuk kepala sekolah diharapkan dapat bekerja sama dengan guru/ pihak sekolah untuk dapat meningkatkan minat dan sikap belajar siswa dengan mengembangkan potensi yang ada pada diri para siswa misalnya dengan cara memfasilitasi/ menyediakan sarana prasarana dalam kegiatan belajar mengajar seni budaya untuk siswa yang tingkat minat dan sikapnya tinggi diharapkan dapat diwadahi/ disalurkan dalam mengikutkan berbagai lomba dan juga mengadakan kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni bagi orang tua diharapkan dapat menyikapi perkembangan anak dengan cara membimbing mendidik dan dapat mengarahkan minat ataupun bakat yang dimiliki dan yang ingin dicapai anak dan juga bahwa penelitian ini perlu diadakan tindak lanjut lagi dalam penelitian yang serupa tetapi pada objek yang berbeda.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/12563

Actions (login required)

View Item View Item