Penerapan group investigation berbantuan poster untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan kelas X di SMAN 7 Malang / Ira Hayani

Hayani, Ira (2019) Penerapan group investigation berbantuan poster untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan kelas X di SMAN 7 Malang / Ira Hayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hayani, Ira. 2019. Penerapan Group Investigation berbantuan Poster untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar pada Materi Ekosistem dan Perubahan Lingkungan Kelas X di SMAN 7 Malang. Skripsi, Jurusan Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Hj. Mimien Henie Irawati, M.S., (II) Dr. Sueb, M.Kes. Kata Kunci: group Investigation berbantuan poster, keterampilan kolaborasi, hasil belajar. Group Investigation berbantuan poster pembelajaran melibatkan siswa dalam merencanakan topik dengan desain poster yang meliputi enam tahap yaitu pemilihan topik, perencanaan kooperatif, implementasi, analisis dan sintesis, presentasi dari produk akhir, dan evaluasi. Siswa dituntut untuk bekerja menyelesaikan suatu tugas bersama-sama, sehingga dibutuhkan keterampilan kolaborasi yang merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang harus dimiliki siswa. Untuk memunculkan keterampilan kolaborasi siswa dapat dimunculkan melalui pembuatan produk berupa poster. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa melalui penerapan Group Investigation berbantuan poster pada materi ekosistem dan perubahan lingkungan di SMAN 7 Malang. Dengan dilakukan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, dan jika sudah ada peningkatan, tindakan bisa dihentikan.Rancangan dalam penelitian ini diawali dengan tahap observasi pra penelitian untuk melihat tingkatan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa. Dilanjutkan dengan penelitian tindakan kelas yang terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil refleksi digunakan untuk melihat sejauh mana tingkat keberhasilan tindakan dan sebagai acuan perbaikan untuk tahap perencanaan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran oleh guru dan siswa meningkat dari siklus I ke siklus II. Keterlaksanaan pembelajaran oleh guru pada siklus I mencapai 70,8% dengan kriteria cukup, sedangkan pada siklus II mencapai 82,3% dengan kriteria baik. Keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa pada siklus I mencapai 66,6% dengan kriteria kurang sedangkan pada siklus II mencapai 80,2% dengan kriteria baik. Keterampilan kolaborasi siswa meningkat dari siklus I sebesar 46,7% dengan kriteria dasar menjadi 67,9% pada siklus II dengan kriteria cakap. Meningkatnya keterampilan kolaborasi juga diikuti dengan meningkatnya hasil belajar siswa pada tiga ranah yaitu kognitif, afektif, dan psikomotor, dari siklus I sebesar 83,3%, 83,3%, dan 86% meningkat pada siklus II menjadi 94%, 100%, dan 100%. Disimpulkan penerapan Group Investigation berbantuan poster mampu meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar karena adanya peningkatan hasil dari siklus I ke siklus II, sehingga tindakan dapat dihentikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125624

Actions (login required)

View Item View Item