Penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas Lintas-Minat 3 SMAN 1 Gondanglegi / Muhammad Marjoko Wibisono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas Lintas-Minat 3 SMAN 1 Gondanglegi / Muhammad Marjoko Wibisono

Wibisono, Muhammad Marjoko (2019) Penerapan model pembelajaran jigsaw dipadu Teams Games Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa kelas Lintas-Minat 3 SMAN 1 Gondanglegi / Muhammad Marjoko Wibisono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Wibisono Muhammad Marjoko. 2019. Penerapan Model PembelajaranJigsaw dipadu Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar kognitif Siswa kelas XI Lintas-minat 3 SMAN 1 Gondanglegi. Skripsi Program StudiPendidikanBiologi JurusanBiologi FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlam.Pembimbing (1) Dr.Hadi Suwono M.Si (2) I Wayan Sumberartha M.Sc Kata Kunci Jigsaw TGT motivasi hasilbelajar kognitif Berdasarkan hasil observasi di kelas XI SMAN 1 Gondanglegi diketahui bahwa metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru adalah diskusi dan ceramah. Berdasarkan data pra-penelitian melalui pemberian angket motivasi ARCS kepada siswa didapatkan nilai motivasi belajar Biologi siswa sebesar 61 94% dengan rincian attention 62 00% relevance 64 37% confidence 61 55% dan satisfaction 59 83% dengan demikian dapat dikatakan bahwa motivasi belajar siswa terhadap pelajaran Biologi rendah. Hal tersebut ditunjang oleh hasil wawancara yang dilakukan kepada 3 siswa yang menyatakan bahwa pembelajaran Biologi membosankan dan monoton. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif dari nilai ulangan materi Struktur Jaringan Tumbuhan adalah sebesar 28 00% sedangkan standar ketuntasan klasikal adalah 85 00%. Salah satu alternatif untuk mengatasi masalah tersebut adalah menerapkan model pembelajaran Jigsaw dipadu dengan TGT. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yakni perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 3 SMAN I Gondanglegi yang berjumlah 25 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Mei 2017. Data yang diambil dari penelitian ini (1) data motivasi belajar siswa yang diukur melalui angket motivasi belajar dan (2) data hasil belajar kognitif yang diukur melalui tes akhir siklus. Berdasarkan data angket motivasi belajar aspek attention relevance confidence dan satisfaction mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Aspek attention meningkat dari 69 82% pada siklus I menjadi 75 51% pada siklus II. Aspek relevance meningkat dari 72 75% pada siklus I menjadi 76 34% pada siklus II. Aspek confidence meningkat dari 68 11% pada siklus I menjadi 75 33% pada siklus II. Aspek satisfaction meningkat dari 71 77% pada siklus I menjadi 78 83% pada siklus II. Secara keseluruhan motivasi belajar mengalami peningkatan dari sebesar 70 61 pada siklus I menjadi 76 50 % pada siklus II. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus II dibanding siklus I. Ketuntasan klasikal hasil belajar kognitif pada siklus I sebesar 76 00 % sedangkan pada siklus II sebesar 96 00%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Nov 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125621

Actions (login required)

View Item View Item