Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Socio Scientific Issue (SSI) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang / Della Putri Irma Suryani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Socio Scientific Issue (SSI) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang / Della Putri Irma Suryani

Suryani, Della Putri Irma (2019) Penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Socio Scientific Issue (SSI) untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang / Della Putri Irma Suryani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Suryani D. P.I. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) dipadu dengan Socio Scientifict Issue (SSI) untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang. Skripsi. Jurusan Biologi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Hadi Suwono. (II) Dr. Abdul Gofur M.Si. Kata Kunci Group Investigation (GI) Socio Scientifict Issue (SSI) Pemahaman Konsep Keterampilan Pemecahan Masalah Berdasarkan hasil wawancara dan observasi kelas yang dilaksanakan dengan guru biologi kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang pada 20 Desember 2018 dan 3 Januari 2019 diketahui bahwa kegiatan pembelajaran yang digunakan belum dapat meningkatkan pemahaman konsep da keterampilan pemecahan masalah siswa. Diharapkan dengan penerapan model pembelajaran Group Investigastin (GI) dipadu dengan Socio Scientifict Issue (SSI) dapat meningkatkan pemahaan konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam pembelajaran biologi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa dalam dua siklus yang berlangsung. Siklus I terdiri dari lima pertemuan dan siklus II terdiri dari enam pertemuan. Subyek dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPA 4 SMAN 2 Malang . Adapun data pemahaman konsep berupa skor hasil tes kognitif pada tiap akhir siklus dan proses pembelajaran selama tahapan siklus. Data keterampilan pemecahan masalah diperoleh dari hasil pretest dan posttest yang berupa soal uraian yang disesuaikan dengan rubrik keterampilan pemecahan masalah. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan pemahaman konsep dan keterampilan pemecahan masalah siswa. Pemahaman konsep pada siklus I menuju siklus II menunjukkan peningkatan nilai klasikal dari 71 8% menjadi 100%. Peningkatan tersebut diperoleh dari nilai klasikal siswa dari 76 6 menjadi 87 8. Keterampilan pemecahan masalah siswa pada siklus I menuju siklus II menunjukkan peningkatan dengan hasil n-gain sebesar 0 57 dengan kriteria sedang menjadi skor 1 1 dengan kriteria tinggi pada siklus II. Adapun dalam penelitian tindakan kelas ini didapatkan temuan diantaranya siswa mampu belajar secara mandiri dan mengatur sikap sosial mereka pada saat berkelompok siswa mampu menghargai perbedaan pada kelompok heterogen (kelompok dengan perbedaan jenis kelamin nilai minat kepribadian) peningkatan rasa percaya diri siswa ketika diberi kesempatan untuk berpendapat siswa mampu mengambil keputusan setelah proses evaluasi dilakukan menimbulkan rasa hati-hati dalam menerima dan menentukan informasi viral yang bersifat fakta atau mitos di masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125615

Actions (login required)

View Item View Item