Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untukmeningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Kepanjen / Ariadna Safitri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untukmeningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Kepanjen / Ariadna Safitri

Safitri, Ariadna (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untukmeningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar pada pembelajaran biologi siswa kelas XI IPA 1 SMA Islam Kepanjen / Ariadna Safitri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Safitri Ariadna. 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains dan Hasil Belajar Kelas XI IPA 1 SMA Islam Kepanjen. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Murni Saptasari M. Si. (2) Dra. Hj. Nursasi Handayani M. Si. Kata Kunci inkuiri terbimbing literasi sains hasil belajar Abad XXI merupakan era globaliasi yang disertai perkembangan ilmu pengetahuan. Berbagagai permasalahan tidak lepas dari sains maka siswa perlu mengembangkan kemampuan literasi sains untuk mengatasi permasalahan di bidang pengetahuan dan teknologi. Berdasarkan PISA Indonesia menempati urutan 62 dari 70 negara. Didukung hasil observasi pada siswa kelas XI SMA Islam Kepanjen diketahui kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa rendah. Beberapa hasil penelitian model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu meningkatkan literasi sains dan hasil belajar siswa. Penerapan model inkuiri terbimbing belum pernah dilakukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keterlaksanaan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian dilakukan di SMA Islam Kepanjen dengan sampel penelitian adalah siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 24 siswa dengan rincian 20 siswa perempuan dan 4 siswa laki-laki. Data penelitian berupa hasil pretest dan posttest literasi sains hasil belajar kognitif data observasi afektif dan psikomtor. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II baik guru maupun siswa. Kemampuan literasi sains siswa terjadi peningkatan dari 79 04% pada siklus I dan 87 03% pada siklus II. Hasil belajar kognitif menunjukkan ketuntasan klasikal sebesar 87 5% dan pada siklus II meningkat menjadi 91 67%. Hasil belajar afektif menunjukkan ketuntasan belajar klasikal sebesar 86 10% dan pada siklus II meningkat menjadi 87 49%. Hasil belajar psikomotor sebesar 77 08% dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 91 6% dengan kriteria sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dibahas maka dapat disimpulkan bahwa model inkuiri terbimbing dapat meningkatkan kemampuan literasi sains dan hasil belajar siswa. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti ialah penerapan model inkuiri terbimbing sangat bermanfaat dalam proses pembelajaran Biologi namun dalam prosesnya memiliki tahapan yang panjang sehingga diharapkan guru dapat mengatur waktu agar tidak mengganggu jalannya proses pembelajaran yang sudah dirancang. SUMMARY Safitri Ariadna. 2019. Implementing Guided Inquiry Learning to Foster Students Scientific literacy and Learning Outcomes in Eleventh Grade Natural Science 1 SMA Islam Kepanjen. Description. Department of Biology. Faculty of Mathematics and Natural Sciences. Malang State University. Advisors (1) Dr. Murni Saptasari M.Si. (2) Dra. Hj. Nursasi Handayani M.Si Keywords Guided Inquiry Learning scientific literacy learning outcomes The XXI century is a globalization era accompanied by the development of science. Various problems cannot be separated from science so students need to develop scientific literacy skills to overcome problems in the fields of knowledge and technology. Based on PISA Indonesia ranks 62 out of 70 countries. Supported by observations on class XI students of Kepanjen Islamic High School it is known that scientific literacy skills and student learning outcomes are low. Some of the results of the study guided inquiry learning models are able to improve scientific literacy and student learning outcomes. The implementation of a guided inquiry model has never been done. The purpose of this study was to describe the implementation of a guided inquiry learning model to improve scientific literacy skills and student learning outcomes. This type of research is Classroom Action Research. The study was conducted at Kepanjen Islamic High School with the sample of the study were students of class XI IPA 1 amounting to 24 students with details of 20 female students and 4 male students. The research data are the results of pretest and posttest scientific literacy cognitive learning outcomes affective observation and psychomtoral data. Data analysis techniques used qualitative descriptive analysis techniques. The results showed that the implementation of learning increased from cycle I to cycle II both teachers and students. Students scientific literacy skills increased from 79.04% in the first cycle and 87.03% in the second cycle. Cognitive learning results showed classical completeness of 87.5% and in the second cycle increased to 91.67%. Affective learning results showed classical learning completeness of 86.10% and in cycle II it increased to 87.49%. Psychomotor learning outcomes were 77.08% with good criteria and in cycle II it increased to 91.6% with very good criteria. Based on the results of the research discussed it can be concluded that the guided inquiry model can improve scientific literacy skills and student learning outcomes. The suggestion that can be given by the researcher is that the application of guided inquiry models is very useful in the Biology learning process but in the process has a long stage so that the teacher is expected to be able to manage the time so as not to disturb the learning process that has been designed.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125614

Actions (login required)

View Item View Item