Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan teknik mind map untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang / Uswatun Hasanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan teknik mind map untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang / Uswatun Hasanah

Hasanah, Uswatun (2019) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan teknik mind map untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang / Uswatun Hasanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Hasanah Uswatun 2019. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dipadu dengan Teknik Mind Map untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Jurusan Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Pembimbing (I) Prof. Dra. Herawati Susilo M.Sc. P.hD. (II) Drs. I Wayan Sumberartha M.Sc. Kata Kunci hasil belajar inkuiri terbimbing keterampilan kolaborasi mind map Tuntutan keterampilan abad XXI pada Kurikulum 2013 bertujuanagar siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajarnya yang meliputi ranah kognitif psikomotor dan afektif akan tercapai secara maksimial baik dari pemahaman konsep keterampilan proses maupun sikap ilmiahnya. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang salah satu keterampilan abad XXI yakni keterampilan kolaborasi siswa masih rendah yang terlihat ketika pembelajaran secara berkelompok banyak siswa yang enggan berinteraksi dengan teman satu kelompoknya untuk bekerjasama bertukar pikiran atau saling menghargai pendapat orang lain. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang hasil belajar siswa dari ranah kognitif psikomotor dan afektifnya masih rendah. Hasil belajar kognitif siswa masih banyak yang berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) karena kurang memahami materi yang terlalu panjang dan tidak ringkas. Berdasarkan permasalahan tersebut penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan kolaborasi dan hasil belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang melalui penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan teknik mind map. Metode dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian Tindakan Kelas ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan meliputi (1) perencanaan (2) tindakan diikuti pengamatan (3) refleksi. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMAN 7 Malang tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 siswa. terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 15 siswa perempuan. Variabel yang diamati yakni keterampilan kolaborasi dan hasil belajar yang meliputi 3 ranah yaitu ranah kognitif psikomotor dan afektif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik tes dan non tes yang meliputi beberapa cara yaitu oservasi wawancara dan tes. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran inkuiri terbimbing dipadu dengan teknik mind map dari siklus I sebesar 82 11% meningkat menjadi 87 96% pada siklus II. Keterampilan kolaborasi siswa juga meningkat dari 71 78% pada siklus I meningkat menjadi 83 62% pada siklus II. Meningkatnya keterampilan kolaborasi siswa juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa baik aspek kognitif psikomotor maupun afektif. Hasil belajar kognitif siswa meningkat dari siklus I sebesar 79 41% mengalami peningkatan 88 24% pada siklus II. Hasil belajar psikomotor juga mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 78 79% menjadi 87 50% pada siklus II. Hasil belajar afektif siswa meningkat dari 70 60% pada siklus I mengalami peningkatan menjadi 82 36% pada siklus II. Peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I yakni 0 59 meningkat menjadi 0 61 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125613

Actions (login required)

View Item View Item