Hymawanto, Danang Anjar (2010) Peningkatan motivasi dan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII-B SMP Negeri I Tutur Kabupaten Pasuruan melalui pembelajaran kontekstual berbasis multikultural / Danang Anjar Hymawanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Hymawanto Danang Anjar. 2010. Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Menggambar Bentuk Siswa Kelas VII-B SMP Negeri I Tutur Kabupaten Pasuruan Melalui Pembelajaran Kontekstual Berbasis Multikultural. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa Jurusan Seni Dan Desain Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Iriaji M.Pd (II) Drs. Eko Budi Winarno Kata Kunci Motivasi Hasil Belajar Menggambar Bentuk Pembelajaran Kontekstual Pendekatan Multikultural. Penelitian tindakan kelas ini dilakukan di SMP Negeri I Tutur Kabupaten Pasuruan. Dari hasil wawancara dengan guru seni budaya ditemukan bahwa para siswa belum pernah diajarkan menggambar bentuk secara langsung belum pernah mendapatkan pengalaman belajar dari lingkungan mereka sendiri motivasi dan hasil belajar siswa dalam pelajaran Seni Budaya masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah dengan pembelajaran kontekstual berbasis multikultural dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar menggambar bentuk siswa kelas VII-B SMP Negeri I Tutur Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2009 / 2010. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII-B SMP Negeri I Tutur Kabupaten Pasuruan dengan jumlah 36 siswa. Setiap siklus terdiri dari Perencanaan Pelaksanaan Pengamatan/Observasi dan Refleksi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah Lembar Penilaian Motivasi Siswa Tes Unjuk Kerja Angket Tanggapan Siswa Lembar Ketepatan Guru Wawancara Catatan Lapangan dan dokumentasi. Hasil-hasil penelitian yang diperoleh adalah (1) Hasil Belajar pada tiap siklus terjadi peningkatan yaitu nilai rata-rata kelas Siklus I mencapai 68 58 dengan siswa yang tuntas belajar 19 siswa atau 52 77 %. Siklus II nilai rata-rata kelas mencapai 78 siswa yang mengalami tuntas belajar sebanyak 30 siswa atau 83 33 %. (2) Motivasi belajar terjadi peningkatan pada Siklus I aspek keaktifan skor yang diperoleh adalah 13 dari 20 skor maksimal dengan presentase 65% dengan nilai B (aspek keaktifan baik). Aspek keseriusan siswa dalam kegiatan belajar skor yang diperoleh 24 dari 35 skor maksimal dengan presentase 68 57% dengan nilai B (aspek keseriusan baik). Dari aspek keceriaan skor yang diperoleh adalah 8 dari 10 skor maksimal dengan presentase 80% dengan nilai A (aspek keceriaan sangat baik). Pada Siklus II aspek keaktifan skor yang diperoleh adalah 17 dari 20 skor maksimal dengan presentase 85% dengan nilai A (aspek keaktifan sangat baik). Dari aspek keseriusan skor yang diperoleh adalah 29 dari 35 skor maksimal dengan presentase 82 85% dengan nilai A (aspek keseriusan sangat baik). Dari aspek keceriaan skor yang diperoleh adalah 9 dari skor maksimal 10 skor dengan presentase 90% dengan nilai A (aspek keceriaan sangat baik). Saran dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan menggunakan pembelajaran kontekstual berbasis multikultural dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa dalam menggambar bentuk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Pendidikan Seni Rupa |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/12561 |
Actions (login required)
View Item |