Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMAI Diponegoro Wagir Kabuapten Malang / Ludfi Rachma Fadillah

Fadillah, Ludfi Rachma (2019) Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning untuk mengukur keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa kelas X SMAI Diponegoro Wagir Kabuapten Malang / Ludfi Rachma Fadillah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Fadillah, Ludfi Rachma. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning Materi Keanekaragaman Tumbuhan Untuk Mengukur Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAI Diponegoro Wagir Kabupaten Malang. Skripsi. Jurusan Biologi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dra. Eko Sri Sulasmi, M.S., (2) Dr. Sulisetijono, M.Si. Kata Kunci: Pengembangan, perangkat pembelajaran Berbasis Model Discovery Learning, Model Discovery Learning, Berpikir Kritis, hasil belajar, keanekaragaman tumbuhan Pembelajaran seharusnya inovatif meggunakan model pembelajaran terkini dan dibantu dengan bahan ajar yang sesuai dengan kebutuhan siswa, sehingga keterampilan yang diharapkan dapat tercapai setelah pembelajaran dilakukan. SMAI Diponegoro merupakan sekolah yang telah menerapkan kurikulum 2013 dimulai pada tahun 2018. Salah satu pembelajaran yang disarakan dalam K-13 adalah termasuk dalah adalah discovery learning. Beberapa hasil penelitian menyatakan bahwa model discovery learning dapat meningkatkan keterampilan berpikir dan hasil belajar siswa. Beberapa hasil penelitian juga menyatakan penggunaan LKS dapat melatih keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar kognitif siswa sehigga terjadi peningkatan. Tujuan penelitian ini adalah menyusun dan menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis model discovery learning selanjutnya menguji kevalidan, kepraktisan dan keefektifannya. Model pengembangan mengikuti prosedur pengembangan ADDIE.Model ADDIE terdiri atas tahap Analyze, Design, Develop, Implement, and Evaluate. Setiap tahapan terdiri dari beberapa langkah yang akan dipaparkan pada prosedur penelitian dan pengembangan. Penelitian dilakukan di SMAI Diponegoro Wagir Kabupaten Malang yang diimplementasikan pada siswa kelas XIA berjumlah satu kelas. Data penelitian berupa hasil prates dan pascates berpikir kritis, hasil belajar kognitif, data hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran discovery learning. Hasil penelitian menunjukkan RPP dinyatakan sangat valid 96,21% oleh ahli perangkat pembelajaran dan 96,97% oleh ahli praktisis lapangan RPP dinyatakan valid namun perlu revisi kecil dengan perolehan skor sebesar 82,5% oleh ahli materi. lembar kerja siswa (LKS) dinyatakan sangat valid 97,37% ahli bahan ajar, 93,75% ahli materi, dan 98,03% ahli praktisi lapangan. Pembelajaran menggunakan model discovery learning dinyatakan telah terlaksana dengan baik sehingga terdapat peningkatan nilai postest berpikir kritis rata-rata 84,77. Siswa dinyatakan tuntas belajar dengan rata-rata tes hasil belajar kognitif sebesar 80.38, rerata hasil belajar psikomotorik sebesar 81.07 dan Ranah afektif menunjukkan siswa tuntas secara keseluruhan dengan satu siswa mendapat nilai B dan 12 siswa mendapat nilai A. Pengembangan lebih lanjut disarakan untuk penelitian lebih lanjut pada materi lain, dapat juga ditambahkan rubrik penilaian pada LKS. Uji skala lebih besar dapat dilakukan untuk mengetahui lebih tingkat keefektifan LKS yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Biologi (BIO) > S1 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/125606

Actions (login required)

View Item View Item